Lihat ke Halaman Asli

Tak Hanya Hadiah, Budaya Lokal Juga Jadi Kekuatan Game Online Ini

Diperbarui: 24 Januari 2017   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Game cumaceban.com ini mengangkat budaya lokal

Industri Kreatif dapat dikatakan sebagai sebuah aktivitas yang terkait dengan bidang ekonomi dalam menciptakan atau penggunaan pengetahuan berbagai hal, seperti informasi. Di Indonesia Industri Kreatif biasa juga dikatakan sebagai  Industri budaya atau ekonomi kreatif.Terciptanya industri kreatif merupakan dari pemanfaatan serta keterampilan yang dimiliki oleh setiap individu untuk bisa membuat lapangan pekerjaan yang baru dan juga bisa menciptakan kesejahtraan di mana-mana, bahkan melibatkan daerah.Industri kreatif merupakan hasil dari kreatifitas dan daya cipta setiap individu dan seperti yang kita ketahui bahwa kreatifitas tidak memiliki batasan.

Tak disangka bahwa industri kreatif juga dapat memberikan peranan yang cukup penting dalam urusan ekonomi suatu Negara, karena industri kreatif memiliki peran yang dapat meningkatkan ekonomi secara global, karena sekarang apapun jenis industrinya, dapat diakes dari manapun. Banyak orang berasumsi bahwa kreativitas lah yang menjadi sumber daya ekonomi utama. Maka dari itu, kian banyak sektor industri yang tercipta dari kreativitas serta kemampuan individu tersebut untuk berinovasi sehingga semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa macam sektor yang termasuk ke dalam industri kreatif diantaranya sektor desain, fashion, kuliner, film video dan fotografi,music, periklanan, pertelevisian, dan masih banyak lagi sektor industri lainnnya, namun tak lupa salah satunya juga ada sektor industri permainan yang kini berkembang dengan pesat.

Dimana sektor industri permainan ini merupakan sektor industri kreatif berbasis teknologi yang dapat dimainkan secara online maupun secara offline serta menyuguhkan berbagai inovasi kreasi permainan yang tak hanya semata-mata dijadikan hiburan bagi para pemainnya, namun juga dapat dijadikan sarana untuk mengedukasi, melatih ketangkasan otak, bahkan ada juga yang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pemain tergantung dari jenis permainannya. 

Selain itu, banyak juga dari permainan tersebut yang mengusung konsep dengan budaya lokal. Pastinya dengan mengusung budaya lokal secara langsung atau tidak akan  menunjukan identitas permainan tersebut, bahwa permainan tersebut berasal dari mana,misalkan Indonesia, yang memiliki banyak budaya ciri tersendiri. Tak hanya dijadikan untuk menunjukkan identitas permainan tersebut, diusungnya budaya lokal melalui permainan juga dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya lokal kepada masyarakat secara luas, terlebih jika harus diakses secara online karena dapat diakses kapanpun,dimanapun, dan oleh siapapun, dan permainan membuat pemainnya memainkan permainan tersebut lagi dan lagi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh permainan CumaCeban.com yang didalamnya terdapat berbagai permainan yang berbeda- beda. Secara keseluruhan permainan ini unik, inovatif, dan mudah untuk dimainkan, bahkan diantaranya dapat mengasah kesabaran. Dikatakan unik dan inovatif karena pada permainan ini, pemainnya dapat memperoleh berbagai macam hadiah dengan cara memainkan permainan tersebut. Terlebih lagi, pembuat aplikasi memiliki cara-cara yang unik bagi para pemainnya untuk dapat menghasilkan tiket. sehingga semakin banyak kita dapat mengumpulkan tiket ,maka kesempatan kita nantinya juga akan semakin besar untuk menukarkan bermacam-macam hadiah, baik langsung, sistem undian, maupun dengan cara ditepok. Untuk mendapatkan hadiah dengan cara tepok, bagi yang paling banyak menepok maka semakin besar pula kemungkinan untuk menang. Tentunya dengan ketentuan seperti salah satunya 1 tepokan itu bernilai 50 tiket, banyak memang, karena ditujukan untuk mendapatkan hadiah-hadiah eksklusif atau  hadiah utama seperti barang-barang elektronik dari merk ternama. Selain itu, hal yang unik selanjutnya, para pemain juga dapat menjadi Agen Ceban yang dapat mengumpulkan gaji melalui menonton sejumlah video. Tak lupa bahwa permainan ini sangat terbantu oleh adanya media sosial. 

Sesuai dengan yang telah dikatakan sebelumnya,  tak hanya ditujukan untuk bermain dan mengumpulkan hadiah, aplikasi yang telah didownload sebanyak 500 ribu orang dan memiliki rating 4,7 serta 144.747 ulasan ini juga menampilkan dan memperkenalkan berbagai budaya lokal Indonesia melalui semua permainan didalamnya,seperti : 

1.     Jadi Gatot kaca

Permainan ini menggunakan tokoh Gatot kaca didukung dengan desain latar yang menampilkan budaya Indonesia. Dengan cara ditekan, gatot kaca akan melompat semakin tinggi dan tinggi, yang berarti semakin tinggi pula skor yang didapat.

2.      Penjaga Candi

Di permainan ini, kita harus menekan atau menyentuh layar agar tokoh dapat loncat keatas dan menusuk hewan-hewan yang berlalu lalang diatasnya. Desain latar pada permainan ini menggunakan tampilan candi yang kita ketahui bahwa candi menjadi ikon dari beberapa daerah di Indonesia. 

3.   TumpengCetar  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline