Lihat ke Halaman Asli

Raudhatul Ilmi

Content Writer & Script Writer

Arsenal Dikalahkan Newcastle United, Mikel Arteta Emosional dan Salahkan VAR

Diperbarui: 5 November 2023   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Duel Newcastle United vs Arsenal (instagram/@arsenal) 

Arsenal Baru saja menelan kekalahan atas Newcastle United dengan skor tipis 0-1. Pertandingann tersebut berlangsung di Stadion ST James Park, pada Minggu dini hari (5/11/2023) WIB. 

Anthony Gordon menjadi pahlawan kemenangan Newcastle United, setelah mencetak gol semata wayang bagi The Magpies pada menit ke-64. 

Secara statistik sejatinya The Gunners lebih unggul bila dibandingkan dengan tuan rumah. Arsenal mengendalikan penguasaan bola dengan persentase 60%, berbanding 40% milik Newcastle United.

Begitupun dalam hal tembakan Arsenal sukses melepaskan total 14 shooting, berbanding 9 milik tuan rumah. Namun karena Arsenal tidak efektif memanfaatkan peluang. Maka kekalahan pun menjadi milik Arsenal.

Kekalahan ini membuat Arsenal harus rela turun ke peringkat 3 klasemen sementara Premier League musim ini dengan mengumpulkan total 24 poin. Sedangkan kemenangan membuat Newcastle United menghuni posisi keenam dengan mengemas 20 poin. 

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta merasa sangat emosional dengan kekalahan yang baru diderita oleh anak asuhnya itu. Hal ini dikarenakan keputusan wasit yang mengesahkan gol yang dicetak oleh Anthony Gordon pada menit ke-64, setelah melakukan peninjauan ulang di VAR sebanyak 3 kali.

Sejatinya ada beberapa momen yang sangat meragukan dalam proses terjadinya gol tersebut. Yang pertama adalah momen Joe Willock yang mengambil bola dan melakukan umpan silang. 

Di situ terlihat bola sudah melewati garis (out), namun hanya tipis sekali. Sedangkan momen kedua adalah saat terjadi duel udara antara Gabriel dan Joelinton.

Dalam hal ini Joelinton dianggap oleh Mikel Arteta melakukan pelanggaran kepada Gabriel, sebelum pada akhirnya bola dimanfaatkan oleh Anthony Gordon untuk membobol gawang Arsenal. Namun saat meninjau ulang VAR, gol tersebut tetap dianggap sah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline