Lihat ke Halaman Asli

Raudatul Jannah

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pembelajaran Kooperatif (Kelompok)

Diperbarui: 16 April 2020   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

istockphoto.com

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan menjelaskan tentang pembelajaran kooperatif

Sebelumnya apa sih yang dimaksud dengan pembelajaran kooperatif itu?

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama dengan kelompok. Pembelajaran kooperatif ini bertujuan untuk menggantikan model pembelajaran yang berbasis individual seperti model pengajaran langsung dan model pembelajaran yang lainnya. Yang mana seorang guru yang terus menerus memberikan informasi dan menjelaskan semua informasi terhadap siswanya. 

Model pembelajaran ini juga lebih menekankan pada kolaborasi siswa dalam memcahkan permasalahan. Suatu pembelajaran kooperatif ini bisa dilaksanakan dengan kelompok kecil agar siswa dapat bekerja sama dalam memperoleh pengetahuan dengan berbagai macam kemahiran dalam bidang sosialnya.

Tujuan dari model pembelajaran kooperatif yaitu bertujuan agar seorang siswa bisa menerima keberagaman jawaban teman temannya dengan dirinya dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga bisa dapat melakukan perkembangan yang baik dalam keterampilan sosialnya.

a. Meningkatkan hasil belajar akademik

Model pembelajaran kooperatif ini bukan hanya berdampak positif bagi perkembangan sosialnya saja, akan tetapi juga bisa meningkatkan siswa dalam prestasi dan kinerja ataupun tugas akademik lainnya. Dan juga para tokoh pengembang model ini juga telah membuktikan bahwa model ini benar-benar bisa meningkatkan siswa dalam pembelajaran di bidang akademik.

B. Penerimaan terhadap keberagaman

Dengan pembelajaran kooperatif ini dapat menyadarkan siswa bahwa dalam belajar kita tidak hanya bisa fokus pada pendapat kita saja, namun ada beragam pendapat yang dapat ditempuh dengan cara kelompok atau bekerja sama dalam belajar dan juga bisa menghargai perbedaan dari temannya itu.

C. Pengembangan keterampilan sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline