Lihat ke Halaman Asli

La Ode Muh Rauda AU Manarfa

Dosen Sosiologi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Memenangkan Pemilihan Kepala Daerah

Diperbarui: 21 Juli 2024   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Tahun 2024 telah menjadi tahun pulitik akbar di Indonesia. Pada tahun ini selain diselenggarakan pemilihan umum untuk menentukan calon legislatif duduk di parlemen, memilih calon presiden dan wakilnya, juga dilaksanakan pemilihan kepala daerah baik di tingkatan kabupaten dan kota maupun di tingkatan provinsi. Pada saat ini juga Indonesia sedang dibayang-bayangi dengan realisasi perpindahan pemerintahan dari DKI Jakarta ke kota Nusantara di Kalimantan.

Ketika duduk minum kopi di warung kopi, istrahat di pinggir jalan bersama tukang ojek, atau makan nasi ikan di warung makan, maka hingar bingar yang terdengar adalah cerita tentang tokoh yang dijagokan serta peluangnya memenangkan pemilihan yang akan digelar di akhir tahun 2024. Ada banyak urusan yang harus diselesaikan dalam berbagai organisasi tetapi topik tentang politik yakni pemilihan kepala daerah tetap menjadi trending topik, mengalahkan topik diskusi atas wacaran penerapan Tapera pada pegawai perusahaan swasta.

Memenangkan Pemilihan Kepala Daerah tidak dapat dilakukan oleh seorang diri, ia memerlukan tim yang solid dengan rutinitas pekerjaan yang tertata. Kegiatan yang dijalankan juga membutuhkan dana yang tidak sedikit guna membeli bensin penggerak mesin mobil yang membawa kandidat kepala daerah berpindah untuk bersosialisasi dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Dana juga dibutuhkan untuk mengadakan alat peraga sosialisasi, ongkos lobi-lobi dukungan, lobi-lobi dan membeli pintu yang semakin meningkat hingga hari pelaksanaan pemilihan. Memenangkan Pemilihan Kepala Daerah juga membutuhkan sosok yang dapat menjadi pengatur jalannya tim ini, dialah yang menjadi mata, telinga, dan otak yang menentukan kandidat yang diusungnya berhasil dalam kontestasi politik yang diikuti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline