Lihat ke Halaman Asli

La Ode Muh Rauda AU Manarfa

Dosen Sosiologi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Dunia Tidak Sedang Baik-Baik Saja

Diperbarui: 24 Februari 2024   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Apakah kita hidup di dunia yang sedang berada dalam kondisi terbaik saat ini?. Saya pastikan jawabannya adalah tidak, dunia tidak sedang baik-baik saja. Hal ini terjadi karena masyarakatnya yang sedang dilanda oleh perang, yang dimainkan oleh negara-negara atau gabungan negara, atau kelompok tertentu.

Dengan menggunakan dalih yang mereka sampaikan kemudian mendasari ditembakannya peluru dari teritorinya ke wilayah lain, yang tentu saja mengakibatkan korban harta dan jiwa. Impian manusia untuk hidup tentram aman dan damai tidak terwujud, utamanya di daerah Timur Tengah yang saban hari terus didera oleh perang tidak berkesudahan paling tidak dalam kurun waktu 70 tahun terakhir.

Di mana terdapat peran yang tidak terelakan dari negara-negara penyedot sumberdaya alam seperti Amerika dan sekutunya, yang setelah mengalahkan negara-negara timur tengah melalui perang berbalut melindungi asetnya serta mengkampanyekan demokrasi, lalu mengelola sumberdaya alamnya dan memanfaatkannya untuk kepentingannya.

Ancaman perang dari Timur Tengah berpotensi menjalar kepada negara-negara yang tidak bersepahaman akan perang tersebut, dan kita di Indonesia tidak berada dalam kondisi yang aman, kita berada dalam kondisi waspada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline