Lihat ke Halaman Asli

Memaksimalkan Keterbukaan Layanan Masyarakat dalam Membantu Public Relation pada Virus Covid-19

Diperbarui: 8 Mei 2024   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar :Pinterest Jannet Zan

Hubungan layanan masyarakat serta public relations sangat penting di dalam pemerintahan modern, karena dapat mempengaruhi bagaimana rakyat melihat dan ikut serta dalam institusi pemerintahan. Dalam hal ini, public relations mengarah pada strategi komunikasi yang dijalani pada lembaga pemerintah dalam menjaga menjaga hubungan yang positif dan tentu juga menguntungkan bagi pihak,  media massa, pengguna, karyawan, dan masyarakat sipil. Seperti Studi yang dilakukan oleh Erni Suyani "Peran Public Relations dalam Meningkatkan Layanan Masyarakat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Sumatra Utara" menegaskan bahwa pentingnya public relations dalam meningkatkan pelayanan masyarakat. Studi tersebut menemukan bahwa public relations memainkan peran penting dalam meningkatkan layanan masyarakat dengan membantu orang bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik.

Visualisasi diatas menunjukan bahwa U4 memiliki angka yang tinggi yang disebabkan tidak ada penarikan biaya/tarif pada pelayan publik, dan ini menjadi faktor bahwa kantor pelayan publik sekarang WBK (wilayah Bebas Korupsi). Pendukung lainnya ialah penangan pengaduan , saran dan masukan, masyarakat merasa senang karena pelayanan menjadi mudah dan cepat diproses tanpa ada pemungutan biaya dan tarif pelayan publik.

Awal mula 2020 terjadi epedemic virus corona disaster yang melanda seluruh negara, termasuk Indonesia. Virus yang terbentuk karena bermutasi dari hewan dan menularkan lewat air liurnya dan polusi. Akibat terjadinya wabah ini, pemerintahan melayangkan peringatan untuk menjaga jarak dan  memakai masker, pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap selalu menjaga jarak selama terjadinya wabah Virus Corona dan layanan masyarakat ini diberitakan melalui segala cara melalui media sosial, iklan layanan publik dan juga influencer untuk menghimbau  masyarakat agar tetap berada dirumah, dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Tak hanya analisis data di atas peran Public Relation atau humas sangat di butuhkan pada saat Virus Covid-19 Melanda pesat di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu kini Virus Covid-19 sudah di nyatakan hilang,karena peranan masyarakat serta PR sangat di butuhkan pada saat itu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline