Lihat ke Halaman Asli

Kirana Ratu Sekar Kedaton

Mahasiswi FIKOM Universitas Ciputra Surabaya

Ciputra Film Festival 2023 Bagi-Bagi Tips agar Skenario Filmmu Terbit di PH yang Tepat: Ini Dia Caranya!

Diperbarui: 12 Mei 2023   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pembuatan film (Sumber Foto: pexels.com)

Pasti setiap bagian dari pembuatan film sama-sama memiliki tugas yang sama-sama berat, entah itu dari camera person, director, hingga ke scriptwriter maupun aktornya sendiri. Dalam menghasilkan sebuah film yang apik perlu adanya sinergitas dan prosedural yang sistematis agar nantinya karya kalian tidak diklaim dengan mudah. Lantas bagaimana tahapan yang tepat untuk melakukannya?

Disini Ciputra Film Festival 2023 akan bagi-bagi tips untuk membantu kalian dalam cara untuk merealisasaikan ide-ide dalam script kalian untuk menjadikannya pada sebuah film. Bagaimana tahapan yang harus dilakukan dan kiat apa sih supaya production house berniat dan memiliki keinginan untuk merealisasikan film kalian. Bagaimana ya caranya? Yuk simak bacaan berikut!

Tahapan pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan mencari produser yang tepat yaitu dengan menghubunginya. Tapi bagaimana jika kalian belum mengenalnya? Pasti produser tersebut akan mempertanyakan posisi kalian dengan respon yang dingin. Oleh karena itu, untuk membuat produser tertarik, kalian harus memiliki rekam jejak yang baik dan kuat di dunia perfilman. Pastikan kalian telah berkarya dan mampu mendeskripsikan karya kalian sebelumnya dengan baik agar memunculkan citra yang baik dan kesungguhan pada diri kalian.

Eitss, tapi pastikan rekam jejak yang kalian tunjukkan benar-benar tervalidasi. Minimal terdapat 3-5 film pendek yang telah kalian garap. Sebab beberapa filmmaker dan scriptwriter yang mengajukan banyak yang telah menggarap 10 film pendek. Hal ini akan mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan untuk menerima naskah kalian atau tidak. Tidak berhenti disitu, naskah yang kalian kirim juga harus sudah tervalidasi HAKI. Pasalnya, berhati-hati saja tidak cukup untuk menjaga kerahasiaan dan hak cipta dari karya kalian. Adanya HAKI akan memperkuat dan tidak membuat produser semata-mata mengklaim karya kalian.

Tahapan terakhir yang mampu kalian lakukan adalah dengan memahami production service mengenai sistematika pengajuannya. Setelah kalian yakin dengan riset dan observasi yang dilakukan, maka sudah saatnya kalian mengajukan naskah yang telah kalian buat dengan penuh kreativitas. Jangan ragu untuk mencoba karena seluruh usaha akan membawa pelajaran yang terbaik bagi kalian. Yuk, segera kirimkan karya terbaik kalian dan pilih PH yang tepat dan berjuang bersama memajukan komunitas film Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline