Lihat ke Halaman Asli

Ratu Aulia Pakungwati

Mahasiswa di Universitas Diponegoro

Mengenal Jurusan Statistika dan Dunia Perkuliahannya

Diperbarui: 7 Juli 2021   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurusan statistika masuk dalam 10 jurusan saintek paling diminati di Universitas Diponegoro. Pada tahun 2020 saja, ada 800 peminat di seleksi SNMPTN, 695 peminat di SBMPTN, 2475 peminat di UM, 35 peminat di SBUB, dan 7 peminat di IU (Sumber : Data Minat PMB Undip). 

Beberapa hal yang menjadi alasan banyak peminat jurusan statistika adalah prospek kerjanya yang menjanjikan dan tak dipungkiri adanya kemungkinan gaji  mencapai dua digit untuk fresh graduate.

Prospek kerja yang menjanjikan didukung oleh fakta bahwa di era serba digital, data menjadi sumber utama informasi yang dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya dalam bidang politik dan pemerintahan, diperlukan data untuk mendapatkan informasi yang mampu menunjang terlaksananya program kerja yang telah dibuat. Contoh prospek kerja lulusan Statistika yang sedang terkenal saat ini adalah aktuaris, data analyst, data scientist, data engineer, dan quality control.

Demi menunjang tersedianya lulusan statistika yang memiliki kemampuan mumpuni dan memenuhi kebutuhan ahli statistika di dunia kerja. Jurusan Statistika Undip memiliki visi pada tahun 2020 menjadi suatu program pendidikan, penerapan dan pengembangan Statistika bertaraf Internasional yang berkontribusi pada bidang Ekonomika dan Bisnis, Industri, Komputasi dan Sistem Informasi Manajemen serta Sosial dan Pemerintahan.

Sedangkan misinya :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkatsarjanadengan kurikulum berorentasi pada kebutuhan pada bidang Ekonomika dan Bisnis, Industri, Komputasi dan Sistem Informasi Manajemen serta Sosial dan Pemerintahan.
  2. Menjadi pusat pengembangan dan penerapan statistika pada bidang Ekonomika dan Bisnis, Industri, Komputasi dan Sistem Informasi Manajemen serta Sosial dan Pemerintahan.
  3. Membentuk jejaring dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dunia industri dan bisnis berskala Nasional.

(Sumber : Visi Misi Jurusan Statistika Undip)

Bentuk nyata dukungan Undip, khususnya di Fakultas Sains dan Matematika untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi ahli statistika yang berkualitas, yaitu dengan membantu mahasiswanya dalam mengajukan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Bentuk bantuan PKM berupa diselenggarakannya pelatihan dan seminar seputar PKM untuk memotivasi mahasiswa dan memberikan informasi agar mahasiswa tertarik untuk ikut PKM. Serta ada kakak pembimbing yang siap untuk memandu mahasiswa dalam menjalankan PKM. 

Ada pula biro Statistika yang bernama SC-SCSI (Statistics Center - Statistics Center Survey Independent) berperan dalam memberikan gambaran dunia kerja lulusan statistika. Cara SC-SCSI memberikan gambaran dunia kerja lulusan statistika adalah dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan praktek penggunaan metode statistika melalui layanan konsultasi dan olah data yang disediakan. Selain dua hal yang sudah disebutkan, banyak pelatihan maupun seminar yang membantu mengembangkan softskill mahasiswa jurusan Statistika di Undip.

Untuk lebih lanjut mengenal jurusan Statistika ataupun tertarik dengan jurusan Statistika di Undip. Bisa bertanya melalui DM Instagram Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Undip di @himasta_undip. Bisa juga cek di akun resmi Himasta Undip lainnya di LinkedIn : Himasta Undip, Spotify : Spotify Himasta Undip, atau melalui OA Line :  @kxs9937w.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline