Lihat ke Halaman Asli

Berita Terkini PT GNI "Melihat Lebih Jauh dari Sekadar Industri"

Diperbarui: 5 Oktober 2023   05:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber :Dokumentasi PT GNI

Siapa yang menyangka? Morowali Utara, sebuah daerah yang dahulu tak banyak dikenal orang, sekarang semakin bangkit dengan bantuan tangan yang kuat dari PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), sebuah perusahaan industri pengolahan bijih nikel yang berdiri bersama masyarakat Morut.

Sebelum banyak perusahaan industri yang berdatangan dan berinvestasi di wilayah Morowali Utara, salah satunya PT GNI, wilayah tersebut cenderung masih minim infrastruktur. Hingga dampak lainnya mempengaruhi akses pendidikan yang terbatas. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat wilayah Morowali Utara.

Menurut Informasi PT GNI, perusahaan ini dengan sigap, bukan hanya membangun smelter melainkan juga bantu perbaiki sebuah akses transportasi yang sangat dibutuhkan, yaitu Jalan Trans Bunta. Saya ingat, dahulu, perjalanan di daerah ini bagaikan melalui hutan belantara, tetapi kini layaknya jalan di kota besar.

Namun, PT GNI tak berhenti di sana. Mereka melihat lebih jauh, yaitu g  enerasi muda Morowali Utara yang harus turut dibina. 

Satu hal yang menjadi perhatian PT GNI adalah kemampuan berbahasa, terutama Bahasa Inggris. Bagaimana generasi ini bisa bersaing di dunia global jika mereka tak menguasai bahasa global? 

Melihat fakta tersebut, PT GNI lantas menggandeng para ahli bahasa, para native speaker, yang notabennya juga merupakan karyawan PT GNI untuk mengajar langsung di sekolah-sekolah daerah Morowali Utara

Bayangkan betapa beruntungnya anak-anak SD, SMP, dan SMA di Morowali Utara. Mengutip dari Artikel Berita PT GNI Sulteng Raya.com, perusahaan smelter nikel PT Gunbuster Nickel menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa Sekolah Bahasa Inggris untuk siswa-siswi di wilayah sekitar kawasan industri, tepatnya di Desa Tanauge dan Desa Bunta, Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Pengembangan Morowali utara tentunya juga sesuai dengan visi dan misi PT GNI dikutip dari website resminya https://gunbusternickelindustry.com, yakni menjadi nomor satu dalam industri smelter di Indonesia dan menambah nilai dari produk nikel. Tidak hanya sampai di situ, perusahaan ini turut berkontribusi juang untuk pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang dan membuka kesempatan bagi stakeholder dan komunitas dimana kami beroperasi untuk terus berkembang.

Sumber : Figure 1 Proyek pembangunan jalan warga trans menuju Desa Bunta Sumber posonews.com

Salah satu langkah terpenting yang diambil oleh  PT Gunbuster Nickel saat ini adalah pembangunan perbaikan jalan bagi warga Desa Bunta, yaitu Jalan Trans Bunta. Sebelumnya, berjalan dan berkendara melalui jalan ini  merupakan pengalaman yang sulit dan berbahaya karena penuh lubang dan rusak sehingga aksesibilitas menjadi kendala utama bagi penduduk setempat dan perusahaan yang beroperasi di sana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline