Lihat ke Halaman Asli

Jangan Sibuk Fokus pada Masalah dan Berita Setiap Hari, Apakah Kita Produktif?

Diperbarui: 12 April 2022   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexel.com

Berapa harga waktu kita sehari? Sehari 24 jam kira - kira berapa nilai anda. Bagi yang bergaji 2- 3 juta perbulan, dan masa kerja 8 jam perhari berarti per hari iya di gaji misalkan 100 ribu dan perjam 12 ribu lima ratus. 

Jika dalam sehari energi habis hanya untuk memolototi berita, main medsos, nonton reels, ig, tiktok maka bisa di bayangkan berapa rupiah duit yang terbuang yang tidak menghasilkan rupiah. 

Waktu tidak akan bisa terulang kembali. Mau anda isi dengan kesibukan yang bermanfaat atau tidak. Waktu tetap akan berjalan. Jika anda ingin menabung dengan uang maka tentu saja bisa namun waktu tidak akan bisa ditabung.

Terkadang banyak dari kita merasa sudah melakukan banyak pekerjaan. Tetapi sekali lagi itu tidak produktif. Bukan sebanyak mungkin pekerjaan yang di lakukan. Tetapi bagaiamana hasil yang dicapai itu yang harus jadi patokan.

Mengapa banyak orang bekerja keras tetapi tidak kaya-kaya. Sebab Kerja keras saja tidak cukup harus kerja cerdas. Waktu kita semua sama terbatas 24 jam. Namun waktu terbatas tentu tidak menghalangi membuat karya yang luar biasa dan monumental.

Berikut langkah sederhana namun efektif dalam mengelola waktu

1. Buat script Buat apa yang anda lakukan adalah agar terencana, dan tepat sasaran

2. Buat skala prioritas adalah klasifikasikan skala kegiatan dan rencana anda. Mulai dari yang penting dan mendesak. Kemudian yang mendesak. Dan Penting untuk dilakukan

3. Gunakan teknologi untuk memudahkan Rapat meeting kini bisa dilakukan secara zoom online agar waktu tidak habis di jalan untuk sekedar meeting yang penting adalah action

4. Fokus Pareto. Jangan mengerjakan semuanya tentu anda akan kehabisa waktu. Fokus saja yang memberikan dampak besar bagi hidup anda. Misal jika anda pebisnis. Apa yang ingin di gunakan untuk tingkatkan penjualan dan yang paling berdampak adalah target custumer, bukan buat fokus detail warna sampul iklan, motif corak dan lain lain serahkan saja pada yang ahli nya. Agar waktu tidak terbuang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline