Lihat ke Halaman Asli

Irfan Hi Abd Rahman - KNPI Baru, Pemimpin Profetik

Diperbarui: 6 Mei 2017   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  “Nothing is at last sacred but the integrity of your own mind. Trust thyself , every heart  vibrates to that iron sting (R.W. Emerson )

“Janganlah kamu meminta jabatan sebab apabila engkau diberi jabatan itu karena engkau memintanya maka jabatan tersebut dibebankan kepadamu namun apabila jabatan tersebut diberikan bukan karena permintaanmu maka engkau akan dibantu dalam melaksanakannya”(ALI BIN ABI THALIB)

Keberadaan DPD II KNPI Morotai yang didalamnya berhimpun berbagai organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan dapat dipandang sebagai potensi  sumber daya.  Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia Morotai sudah di depan mata idealitas kepemudaan tentunya diharapkan dampak positif terhadap daerah Kab Pulau Morotai pada khususnya dan negara pada umumnya. Logika yang dibangun tentunya merupakan logika linear sederhana, hal ini  akan berjalan demikian bila terjadi transformasi yang baik dari organisasi kepemudaan yang brehimpun dibawah naungan KNPI. Oleh karena itu dalam momentum ini hendak ditanamkan semangat kebersamaan dalam mereduksi dan merekronstruksi organisasi kedepan dengan semangat , kejujuran dan keiklasan yang objektif dalam melahirkan seorang figur pemimpin yang ideal. Melihat masalah pemuda saat ini terutama di Morotai , menurut hemat saya, lebih kepada terpuruknya pengembangan diri dalam menyadari potensi yang mereka meliki ,kurangnya inovasi  sehingga pemuda  lebih banyak mengandalkan  tangan mereka kebawah dalam arti lebih suka meminta minta pada pejabat hingga melahirkan ketergantungan.

Dengan pengalaman bebarapa organisasi  yang dimiliki  tentunya menjadi dasar acuan melihat dan memahami situasi keadaan pemuda saat ini , Sehingga ,saya merasa memiliki kecukupan pengalaman  , Untuk kemudian membagi pengalaman ini di KNPI Morotai.

Seperti Slogan  saya,  KNPI BARU  Yang  memiliki arti bagian dari antitesa terhadap KNPI yang sebelumnya karena KNPI sebelumnya dianggap tidak berhasil sehingga saya mencoba membuat gagasan dimana  semuanya menjadi baru seperti adanya regenerasi kepengurusan dalam arti bahwa akan muncul wajah- wajah baru dalam struktur kepengurusan , langkah yang berikutnya yaitu peremajaan gerakan dimana ide ini lahir dengan latar belakang  karena selama ini gerakan KNPI sebelumnya  cenderung mati atau stagnan di tempat dan tidak lagi difokuskan  pada Gerakan gerakan turun ke jalan tetapi lebih kepada gerakan yang bersifat inovatif dan kreatif .

Harapan  KNPI dibawah kendali saya, tentunya akan lebih progresif, dan  lebih mandiri  dimana menurut pengalaman selama ini dalam menjalankan roda organisasi  yang akut adalah segi kemandirian dimana  independensi susah diputuskan sehingga melahirkan  ketergantungan pendanaan  dari pemerintah, sehingga saya  sangat memiliki harapan dan kenyakinan organisasi ini mampu mandiri di KNPI Baru dibawah kepemimpinan saya.

Salah satu  program yang  akan diwujudkan adalah terciptanya pemuda yang  berjiwa entrepreneur,  dimana KNPI  adalah wadah  pengembagan diri bagi setiap pemuda Morotai dimana  instrument yang membuat pemuda lebih semangat,  mandiri  dan lebih kreatif

Jika terpilih Harapan saya  3 tahun kedepan program ini berjalan tentunya  akan melahirkan  pemuda-pemuda yang memiliki kompetensi kemandirian mencapai kemapanan financial dan memiliki daya saing secara nasional maupun internasional dan  dewasa dalam organitoris.

Berangkat dari keberhasilan sejarah sebagai dasar pijakan tidaklah berlebihan jika semangat dan model platform menjadi antitesi dan sintetis bagi kondisi  atau setuasi kekinian pemuda yang bernaung dibawah DPD II KNPI pulau Morotai. Menghadirkan Lima Platform KNPI Morotai yaitu Demokratis, solid & terkonsolidasi, subtansi & proaktif, inklusif & integratif dan terakhir adalah modernis & ilmia inilah lima platform yang saya maksudkan

Pemuda Indonesia merupakan pewaris yang sah dari republik ini dan pemuda Indonesia adalah pewaris kepemimpinan bangsa dan negara Indonesia secara kontiniyu. Maka, peran aktif pemuda untuk membangun bangsa yang bermarwah dan bermartabat sebagaimana dimaksud oleh UUD 1945 adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan oleh pemuda Indonesia.

Sosok yang sudah penulis jelaskan tersebut, ada pada sosok Irfan Hi Abd Rahman, ST, MT Bang Irfan sapaan akrabnya, adalah sosok pemuda Morotai yang sangat cocok untuk memimpin KNPI Pulau Morotai  3  tahun kedepan. Sebab, Dosen sekaligus warek I di Universitas Pasifik tersebut adalah figur yang bersahaja, konseptor, orator dan berwawasan keilmuan serta berwawasn kepemimpinan yang baik.  Untuk lebih mengenal sosok beliau sebagai calon ketua umum KNPI Morotai ,Berikut ini penulis paparkan profil calon ketua umum KNPI Morotai;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline