Lihat ke Halaman Asli

Ratu Fitria

Ratu Fitria adalah seorang Guru Taman Kanak-Kanak di UPTD TK Negeri 1 Depok dan sebagai Dosen di STAI Sabili Cabang Pamulang

Pengalaman, Kesan dan Pesan Menyelenggarakan Diklat Dasar Berjenjang di UPTD TK Negeri 1 Depok

Diperbarui: 15 April 2023   07:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

          Tahun 2018 kami TK Negeri 1 Pembina Depok ditunjuk untuk mengadakan Program Peningkatan Kompetensi Guru PAUD melalui Diklat Guru Pendamping Muda (Diklat Berjenjang Tingkat Dasar) tahun 2018 dari Dinas Pendidikan Kota Depok. Kegiatan Diklat ini adalah upaya pencapaian visi dan misi sekolah tidak lepas dari peran sumber daya manusia yang ada di sekolah tersebut. Adapun salah satu kendala dalam upaya mencapaian visi dan misi sekolah yaitu kualifikasi tenaga pendidik yang bukan dari bidang yang dikerjakan. Guna mengatasi persoalan tersebut perlu adanya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (diklat). Untuk itu salah satu upaya meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik PAUD yaitu dengan mengadakan kegiatan diklat berjenjang. Diklat ini terbentuk berdasarkan kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Depok dan Direktorat PGTK PAUD dan DIKMAS.

          UPTD TK Negeri 1 Pembina Depok adalah salah satu provider yang mendapat rekomendasi dari Direktorat PGTK PAUD dan DIKMAS untuk menyelenggarakan diklat berjenjang yaitu Diklat Tingkat Dasar, dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajar pendidik PAUD. Diklat tingkat dasar ditujukan untuk mempersiapkan pendidik sebagai pengasuh dengan kompetensi minimal juga untuk meningkatkan profesionalisme guru PAUD dan membantu tumbuh kembang anak usia dini secara optimal. Selain untuk meningkatkan kualitas mengajar guru PAUD, kegiatan diklat berjenjang juga bertujuan untuk merekomendasi guru TK yang belum berkualifikasi PAUD untuk mengikuti kualifikasi S1 PAUD. Dalam upaya Peningkatan Mutu Guru PAUD  yang berada di wilayah kerja UPTD TK Negeri 1 Pembina  Kota Depok yang tersebar di 11 Kecamatan, maka kami berusaha dan berupaya turut serta dan berperan aktif menjalankan program Pemerintah Pusat ataupun daerah dalam pemberdayaan Guru Pendidikan Anak  Usia Dini (PAUD ) sehingga pelayanan Pendidikan nonformal betul-betul dapat terlayani dengan baik dan maksimal.

          Penentuan jadwal pelaksanaan diklat berjenjang yang diselenggarakan TK Negeri 1 Pembina Depok dilakukan setelah persiapan diklat selesai. Adapun persiapan yang dilakukan yaitu menentukan kepanitiaan kegiatan diklat, lokasi yang akan digunakan sebagai kegiatan diklat, dan lain sebagainya. Jadwal pelaksanaan diklat berjenjang ditentukan oleh panitia yang akan melaksanakan diklat dan pihak Dinas setempat berdasarkan hasil komunikasi dan kesepakatan bersama. Setelah mendapat kesepakatan bersama terkait jadwal pelaksanaan diklat, panitia diklat akan mengumumkan jadwal pelaksanaan diklat berjenjang pada peserta diklat yaitu para guru PAUD yang tersebar di 11 kecamatan. Kegiatan pelaksanaan di mulai tanggal 23 – 27 Agustus 2018 selama 5 hari dan tempat pelaksanaan di TK Negeri 1 Pembina Depok. Adapun Biaya peserta alhamdulillah semua gratis dan pesertapun mendapat transport setelah kegiatan selama 5 hari berlangsung. Semua itu kami bisa laksanakan karena mendapatkan bantuan biaya penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat PGTK PAUD dan DIKMAS.

         Alhamdulillah semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dengan segala kekurangan dan kelebihan dari kami, saat pelaksanaan saya sebagai ketua Panitia Penyelenggara. Kesan dari saya adalah senang dan bangga sekali dapat berkiprah dalam memajukan pendidikan untuk anak Indonesia. Kendala pertama yang kami hadapi adalah Sumber Daya Manusia yang kurang dalam IT sehingga pengerjaan dalam administrasi masih di pegang hanya satu orang saja yaitu saya pribadi hal ini dikarenakan tidak adanya TU khusus dan kurangnya Sumber Daya Manusia dalam penguasaan  pengoperasian komputer dan solusinya adalah pengerjaan saya yang doble job namun semua itu alhamdulillah dapat teratasi. Kendala kedua adalah mencari narasumber yang sesuai dengan kriteria diklat dan bisa mengikuti jadwal diklat kami yang terbagi atas 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B dalam hari yang sama  namun waktu jam yang berbeda solusi kami dalam mengatasi kendala ini adalah mencari info dan pengalaman dengan UPTD. SPNF SKB  Kota Depok yang terlebih dahulu mengadakan diklat dasar berjenjang ini, kami juga bekerjasama dengan narasumber agar jadwal dan hari dapat dilakukan tanpa kendala. Kendala ketiga adalah personil pendidik dan tenaga kependidikan saat itu sejumlah 6 personil ditambah dengan penjaga 2 personil, sedangkan kegiatan penyelenggaraan diklat ini sangat besar perlu dukungan tenaga dan personil. Solusi yang kami lakukan melibatkan anggota Gugus yang ada di Gugus kami yaitu Gugus 3 Kecamatan Sawangan.

          Dalam Kegiatan diklat ini sangatlah membantu para guru PAUD yang belum sesuai tingkat pendidikannya dan kegiatan diklat dapat merubah dan mengembangkan tingkah laku seseorang dalam segi pengetahuan, skill dan sikap dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik. Hal demikian sesuai dengan tujuan diklat yang diselenggarakan oleh TK Negeri 1 Pembina Depok yaitu meningkatkan profesionalisme guru PAUD dan membantu tumbuh kembang anak usia dini secara optimal. Pesan saya adalah bagi guru PAUD, hendaknya tidak hanya mengikuti Diklat Tingkat Dasar saja, melainkan harus melanjutkan pada tingkat berikutnya. Minimal mengikuti hingga Diklat Tingkat Lanjutan, guna dapat memperoleh keterampilan yang memadai dalam upaya meningkatkan kompetensi mengajarnya. Demikianlah pengalaman, kesan dan pesan dari saya dalam menyelenggarakan Diklat Guru Pendamping Muda (Diklat Berjenjang Tingkat Dasar) tahun 2018, smoga dapat menginspirasi untuk kita semua khususnya guru PAUD Indonesia. Terimakasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline