Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Peran Pancasila dalam Pembelajaran Anak TK

Diperbarui: 6 April 2024   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Taman Kanak-Kanak (TK) adalah jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam bentuk pendidikan formal yang bersedia untuk anak berumur 6 tahun ke bawah. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Lama masa belajar seorang murid di TK biasanya tergantung pada tingkat kecerdasannya yang dinilai dari rapor per semester. Secara umum untuk lulus dari tingkat program di TK selama 2 (dua) tahun,yaitu:

  • TK 0 (nol) Kecil (TK kecil) selama 1 (satu) tahun
  • TK 0 (nol) Besar (TK besar) selama 1 (satu) tahun

Di TK, siswa diberi kesempatan untuk belajar dan diberikan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usia pada tiap-tiap tingkatannya. Siswa diajarkan mengenai hal berikut ini:

  • agama,
  • budi bahasa,
  • berhitung,
  • membaca (mengenal aksara dan ejaan),
  • bernyanyi,
  • bersosialisasi dalam lingkungan keluarga dan teman-teman sepermainannya, dan
  • berbagai macam keterampilan lainnya.
  • Tujuan belajar di TK adalah meningkatkan daya cipta anak-anak dan memacu mereka untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan nilai budi bahasa, agama, sosial, emosional, fisik, motorik, kognitif, bahasa, seni, dan kemandirian.[butuh rujukan] Semua dirancang sebagai upaya mengembangkan daya pikir dan peranan anak dalam hidupnya. (WIKIPEDIA)

pembelajaran anak tk tentunya harus sangat menyenangkan, dimana anak-anak harus dibimbing sesuai dengan minat dan bakatnya. namun disisi lain, kita sebagai guru harus menyeimbangkan pembelajaran anak dengan nilai-nilai pancasila, agar anak bisa memiliki rasa menghargai sesama agama, tolong menolong, juga mengetahui siapa sang pencipta. Dengan hal ini, anak-anak mengetahui siapa sang pencipta (sesuai dengan sila pertama) dan sila lainnya. 

Di dalam perkembangan anak usia dini ini, nilai pancasila sangat penting untuk di tanamkan, supaya ketika menuju remaja anak-anak sudah terbiasa melakukan dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila. dalam buku yang berjudul "pendidikan pancasila" yang ditulis oleh beberapa dosen unisma bahwasannya  pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Pancasila sejatinya bersumber dari agama dan budaya yang berlangsung di indonesia, oleh sebab itu pengembangan ilmu pengatahuan dan teknologi yang sifatnya selalu bertambah atau mengalami kemajuan. hal ini sangat jelas, bahwasannya anak usia dini sangat harus ditanamkan nilai-nilai pancasila dalam pembelajarannya, agar moral perilaku anak bisa menjadi sesuai dengan agama dan bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline