Lihat ke Halaman Asli

Ratna Siregar

Pegawai Swasta

Komponen Penting Berbisnis, Pelaku UMKM Bangun Relasi dengan Penyedia Jasa Logistik!

Diperbarui: 7 Oktober 2022   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis membutuhkan kerja sama dengan beberapa pihak. Membangun beberapa relasi berpengaruh positif terhadap bisnis yang sedang dijalankan, termasuk kerja sama dengan  jasa pengiriman door to door.

Sudahkah Anda tahu bahwasanya banyak perusahaan besar di luar sana semakin berkembang? Faktanya perkembangan tersebut semakin besar karena menjalin kerja sama. Maka dari itu, pelaku UMKM tidak boleh ragu untuk menjalin relasi atau kerja sama dengan logistik. Hal ini mendukung distribusi produk UMKM. 

Membangun Kerja Sama Bisnis

Dalam pendistribusian produk UMKM, butuh pihak logistik atau jasa door to door. Apakah penting sekali membangun hubungan kerja sama dengan pihak logistik?  Tentu saja penting, kembali lagi pada kondisi pendistribusian. Tidak hanya itu, menjalin kerja sama dengan partner bisa memajukan bisnis UMKM yang sedang berlangsung saat ini. 

Pelaku UMKM bisa bertukar pikiran dengan partner kerja mengenai pendistribusian. Maka dari itu, kerja sama sama atau membangun relasi itu penting bagi UMKM. Bisa dibayangkan, betapa enaknya mempunyai partner yang bisa meringankan pekerjaan. 

Menjangkau Pemasaran Secara Luas

Membangun hubungan relasi dengan perusahaan logistik mampu menjangkau wilayah pemasaran yang begitu luas.  Pemasaran menjadi jantung UMKM bukan? Tanpa adanya perkembangan jangkauan pemasaran tentu produk stagnan. Maka dari itu, membangun kerja sama dengan jasa logistik tidak ada salahnya. 

Dengan relasi, Anda bisa menggapai berbagai macam target pasar yang variatif. Tentu, kedua belah pihak yang bekerja sama tidak merasa dirugikan satu sama lainnya. Semua pihak sama-sama mendapatkan keuntungan yang fantastis. 

Potensi Pembeli Baru

Melakukan hubungan relasi dengan pihak perusahaan logistik, menciptakan potensi pembeli-pembeli baru. Dengan begitu, pelaku UMKM harus menciptakan berbagai macam varian harga mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi.

Tawarkan produk-produk terbaik masa kini ke partner kerja atau pihak perusahaan yang bisa diajak kerja sama. Dengan begini, Anda bisa meningkatkan potensi penjualan dan peningkatan profit bisnis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline