Lihat ke Halaman Asli

Ampuhkah Balsam untuk Menyembuhkan Kembung Anak?

Diperbarui: 28 Januari 2016   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat melihat tubuh anak, mungkin beberapa dari orang tua akan panik saat melihat perut anaknya kelihatan lebih buncit dan penuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya angin yang terperangkap di dalam rongga perut yang membuat si kecil nyeri karena tekanan di dalamnya. Perut kembung merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh anak dan sering membuatnya tidak nyaman, selalu merengek, bahkan tidak nafsu makan. Jika dibiarkan, maka angin akan semakin bertambah dan anak tidak akan nyenyak tidur.

Penyebab dari perut kembung ini sangat beragam, seperti terlalu sering terkena angin atau udara dingin, masuknya udara saat anak menyusu, dan sebagainya. Untuk menyembuhkannya, cukup keluarkan angin berlebih dari perut si kecil. Biasanya, ibu-ibu akan memberikan balsam atau minyak kayu putih yang akan menghangatkan perut buah hati. Namun, apakah cara tersebut efektif?

Seperti yang telah disebutkan, perut kembung disebabkan oleh adanya angin berlebih yang terperangkap dalam rongga perut, sedangkan balsam atau minyak kayu putih digunakan di bagian luar perut. Keduanya tidak akan mampu sampai ke lapisan terdalam yakni sumber penyakitnya yang terletak di dalam perut, melainkan hanya sampai ke lapisan kulit luar. Oleh karena itu, penggunaan balsam atau minyak kayu putih dinilai kurang efektif dan tak tepat sasaran. Selain itu, ada beberapa efek samping penggunaan balsam yang tergolong membahayakan bagi anak, seperti membuat kulit bayi iritasi jika digunakan secara berlebihan.

Untuk menuju ke sumber kembung, sebaiknya gunakan obat penghilang kembung yang dapat diminum, sepreti sirup. Metode ini merupakan teknik paling baru dan modern serta lebih tepat digunakan untuk mengeluarkan seluruh angin berlebih di perut buah hati. Ada beberapa produk obat antikembung khusus anak yang telah beredar di pasaran, seperti Antangin Anak, Pure Kids, dan Tolak Angin Anak. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih obat yang tepat. Pilihlah obat dengan bahan alami yang terjamin keamanannya dan memperoleh sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline