Lihat ke Halaman Asli

Ratna Palupi

Pendidik

Literasi, Siswa SMPN 2 Mrebet Kunjungi Perpusda

Diperbarui: 16 Oktober 2023   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Literasi, 217 siswa SMPN 2 Mrebet kunjungi Perpusda, (14/10/2023) / (FOTO: Dok SMPN 2 Mrebet)

PURBALINGGA - Sebanyak 217 siswa SMPN 2 Mrebet melakukan Kunjungan atau giat literasi ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang harus dilaksanakan oleh siswa dan fasilitator pada setiap tingkat satuan pendidikan.

Menurut Sugeng Triatmono selaku Kepala Sekolah tersebut mengatakan, kegiatan literasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sesuai dengan program pemerintah yang tengah meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

"Pogram tersebut relevan dengan dimensi P5 yang tengah diimplementasikan yakni  dimensi Bhineka Tunggal Ika," ungkapnya, (14/10/2023).

Ia berharap dengan berkunjung ke Perpusda dapat melakukan literasi  untuk mencari bahan mengenai kebinekaan melalui fasilitas yang terdapat di perpustakan.
Selanjutnya bahan tersebut dapat dijadikan modal untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki sesuai dengan tujuan pelaksanaan kurikulum merdeka.

"Salah satu potensi yang ingin dikembangkan adalah kemampuan memproduksi karya sastra yang dapat mencerminkan sikap pelajar pancasila serta kebinekaan," harapnya.

Sementara Agus Trianti selaku koordinator P5 mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik dan menumbuhkan rasa cinta terhadap perpustakaan sehingga tertanam sikap ilmiah sejak dini.

"Sehingga ada referensi untuk mengembangkan potensi karya sastra khususnya yang bertemakan kebinekaan dan berwawasan global, arahnya nanti berproduk antologi puisi maupun cerpen," katanya.

Menanggapi hal tersebut Retno Widyastuti mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengatakan, sangat mengapreasiasi program tersebut karena dapat meningkatkan minat baca serta semangat literasi siswa.

"Memberikan pengalaman siswa dalam literasi, dimana mereka bisa menemukan berbagai referensi di perpustakaan serta belajar dengan nyaman," tegasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline