Lihat ke Halaman Asli

Ratna Palupi

Pendidik

Tabib Desa, Tanam Ratusan Pohon di Lingkungan SMP Negeri 4 Karangmoncol

Diperbarui: 1 Oktober 2023   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penanaman Ratusan Pohon di lingkungan SMPN 4 Karangmoncol Program Tabib Desa / (FOTO: Dok SMPN 4 Karangmoncol)

PURBALINGGA - SMP Negeri 4 Karangmoncol bersama Pemerintah Desa Tunjungmuli dengan Program Tabib Desa melakukan penanaman ratusan pohon di lingkungan sekitar sekolah tepatnya di lahan kosong lingkungan sekolah tersebut di RT 03/RW 18 Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Sabtu, (30/9/2023).

Tabib Desa itu sendiri merupakan komitmen sekolah untuk mendukung program pemerintah yaitu program Tanam Bibit Bersama Perangkat Desa.

Aksi ini dilakukan bersama Kepala SMP Negeri 4 Karangmoncol, perwakilan guru dan karyawan, para siswa, perangkat Desa Tunjungmuli dan perwakilan masyarakat.

Menurut Purwodo, S.Pd selaku Kepala SMP Negeri 4 Karangmoncol yang memprakarsai kegiatan tersebut menuturkan, pengadaan bibit merupakan bantuan dari Persemaian Bibit Banjarnegara sejumlah 385 pohon. Penanaman pohon menjadi salah satu langkah peduli lingkungan dan sebagai bukti nyata SMP Negeri 4 Karangmoncol dalam melestraikan alam tidak hanya di dalam sekolah tetapi juga di luar sekolah.

"Sebagai satu komitmen kami untuk mendukung kelestarian alam lingkungan sekitar dan mendukung program pemerintah," tuturnya saat dikonfirmasi, Minggu, (1/10/2023).

Ia menambahkan kegiatan Tabib Desa ini mendapat dukungan penuh dari guru, karyawan, Pemerintah Desa Tunjungmuli dan masyarakat untuk membudayakan pelestarian alam. Beberapa jenis pohon yang ditanam diantaranya berbagai jenis pohon buah-buahan, pohon pucuk merah
Ia berharap agar pohon ini dapat dijaga dan dirawat agar lingkungan sekitar lestari dan lebih produktif.

"Kegiatan Tabib Desa ini tidak hanya sebatas seremonial saja tetapi dapat meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan alam sekitar, " harapnya.

Sementara itu, pihak Pemerintah Desa Tunjungmuli Nyarmin selaku Sekretaris Desa mengapresiasi kegiatan tersebut.

Menurutnya pohon memiliki kaya manfaat bagi alam dan kehidupan manusia itu sendiri untuk menjaga keseimbangan air, mengurangi potensi bencana dan memperbaiki keseimbangan alam.

"Menanam pohon sama dengan menanam kebaikan di muka bumi, lingkungan akan terjaga dan asri, " ungkapnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline