Lihat ke Halaman Asli

Kuncinya adalah Sabar dan Ikhlas

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12972272861369103792

Hidup manusia memang tak akan pernah luput dari yang namanya masalah dan cobaan yang seakan-akan tidak akan pernah ada habisnya,  ehh masalah yang satu terselesaikan datang lagi masalah lainnya yang tidak diundang dan tak pernah terduga akan terjadi.

Masalah pun begitu banyak macam nya, dari masalah keuangan, masalah, cinta, keluarga, kesehatan, pertemanan, sosial dan masih banyak lagi ditambah sekarang harga kebutuhan pokok , sembako, dan semuanya naik yang banyak membuat hidup ini sudah susah bertambah susah, apalagi mencari pekerjaan pun susah nya minta ampun di jaman sekarang.

Manalagi kebutuhan hidup bertambah tapi pemasukan masih saja pas-pas an, lengkap deh rasanya penderitaan ini. Saking begitu banyaknya masalah sampai-sampai kalo saya tulis semua tak akan pernah cukup jika hanya selembar atau dua lembar.

Banyak hal sebenarnya yang melatarbelakangi terjadinya sebuah masalah dalam hidup kita dan mungkin sebagian dari kita yang saat ini sedang merasa mendapat begitu banyak permasalahan (termasuk saya sendiri), hanya bisa merenung dan bertanya-tanya, Tuhan, kenapa sih masalah-masalah yang seperti ini harus terjadi pada saya dan kapan hidup saya akan terbebas dari yang namanya Mr/Ms masalah.

Hidup serasa tak bersemangat ketika Mr/Ms masalah menghampiri, kita semuanya sih ingin nya hidup ini selalu terisi dengan kesenangan dan kalau bisa tak perlu lah ada masalah yang mampir. Itu sih maunya kita semua.

Kadang pun terlintas dalam benak, ya Tuhan mungkin kalo saya menjadi orang kaya , Mr/Ms Masalah tak akan pernah sudi untuk mampir kali ya..! karena kita berpikir bahwa masalah itu identik dengan orang-orang yang susah dan miskin, karena kalo kita melihat sepintas pandang, orang-orang kaya diluar sono tu yang setiap hari kemana-mana belanja terus, berpakaian bagus dan bermerk, nongkrong saban hari di kafe mahal tanpa tujuan yang jelas berjam-jam, pergi kemana-mana naik mobil ber AC tak kepanasan.

Mereka pun ternyata hidupnya pun tak jauh dari yang namanya masalah, namanya juga manusia, orang kaya juga manusia, makannya juga sama nasi. Bahkan masalah mereka pun terkadang jauh lebih berat dari kita yang hanya orang biasa-biasa saja. Saat sekarang pun tak ada jaminan yang namanya hidup kaya bakal jauh dari yang namanya masalah.

Contohnya saja cukup banyak orang-orang kaya yang ternyata dibalik kekayaannya tersembunyi 1001 masalah, ternyata faktanya mereka sebenarnya lebih miskin dari kita, karena harta kekayaan mereka adalah harta haram hasil dari korupsi, dikejar-kejar hutang yang bermiliar-miliaran jumlahnya, dikutuk banyak orang karena perusahan yang telah banyak merugikan banyak orang kecil, bahkan ada yang dipenjara karena terbukti korupsi, dan banyak contoh lagi seperti misalnya orang-orang cantik/ganteng dan berbakat yang tak pernah bersyukur untuk menggunakan berkah yang diberikan Tuhan melalui tubuh mereka, namun terjerumus dalam kehidupan narkoba yang menyesatkan atau terjerumus dalam pergaulan yang salah dan akhirnya harus merasakan yang namanya ruang tahanan/penjara.

1297227233147069217

Pada dasarnya Tuhan memberikan umatnya masalah pastinya ada maksud tertentu dibalik semua yang terjadi. Banyak dari kita yang mungkin tak menyadari maksud dan tujuan Tuhan didalam nya.

Fakta yang sering terjadi adalah sebagian dari kita pastinya akan mengerutu bila dilanda masalah, bahkan lupa kebanyakan menggerutu maslah pun tak akan pernah selesai. “iihh...kenapa sih kok masalah itu muncul....??? “ “Eh..kenapa kok bisa terjadi seperti itu ya?””aduh, tuhan masalah ku sudah berat dan belum selesai kenapa Engkau tambah lagi sih...!!” dan masih banyak lagi masalah-masalah lainnya yang seakan-akan membuat dunia kita serasa gelap dan tidur,makan pun tak nyeyak karena kepikiran masalah yang tak akan pernah selesaian.

Lalu apa yang harus saya lakukan jika saya sedang banyak masalah??? Saya akan memberikan sedikit solusi yang mungkin bisa sedikit membantu untuk meringankan permasalahan anda.

Satu hal yang pasti yang harus anda percayai, bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya, seberat apapun masalah yang sedang melanda anda percayalah, pasti ada jalan pemecahannya.

1. kita harus tenang dan sabar. Apa Sabar...??? ngomong sih gampang, prakteknya itu lho...?? ya..ya..itu benar, memang hal yang umum, jika kita sedang menghadapi permasalah dan susah bersikap sabar. Namun bagaimana pun langkah pertama ini harus kita ambil, “tenang dan sabar”. Hanya dengan pikiran tenang dan hati yang sabar kita bisa berpikir jernih untuk mencari jalan keluar setiap masalah kita.

2. Berpikirlah. Pada dasarnya setiap manusia mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri, caranya?? ambillah selembar kertas dan bolpoin, lalu tulislah disitu satu-persatu permasalahan yang anda hadapi, lalu tulislah dibawahnya point-point solusi yang terlintas di otak kita kira-kira cara apa yang bisa kita ambil sebagai langkah awal dalam mengatasi masalah, sebenarnya dalam kondisi otak yang tenang dan hati yang sabar, otak kita pun terangsang untuk memberikan solusi-solusi yang nantinya akan memecahkan masalah kita.

3. lakukan dan rubah sudut pandang, setelah kita menuliskan semua permasalahan yang sedang melanda , lalu kita sudah menuliskan beberapa cara juga untuk mengatasi nya. Selanjutnya adalah lakukan apa yang sudah anda tulis satu persatu seta rubahlah sudut pandang kita dalam melihat permasalahan kita, rubahlah sedikit ke arah yang positif bahwa masih banyak orang yang mempunyai segudang masalah yang lebih besar dari kita.

4. Berdoa. Tidak ada suatu masalah pun yang terjadi tanpa ijin Tuhan, dan sekarang saatnya lah kita memperbanyak diri mendekatkan diri dengan berdoa kepada Tuhan serta berprasangka baik, karena Tuhan sayang kita lah, itulah sebabnya Dia memberikan kita masalah, kita pun tahu bahwa Tuhan tidak akan memberikan kita masalah yang diluar batas kemampuan kita.

5. Ikhlas, serahkan semua permasalahan kita kepada Tuhan, percaya lah bahwa Dia maha besar , maha penyayang, maha pengampun, maha pengasih, maha kaya, yang tidak akan membiarkan hamba-hambanya yang dilanda masalah yang kemudian berusaha, berdoa serta melakukan hal-hal yang memungkinkan sebagai pemecahan masalah. Lantas selanjutnya bukanlah tugas kita lagi,jika kita sudah berusaha yang terbaik untuk mengatasi permasalahan kita, Tuhan lah selanjutnya yang akan mengambil bagian.

Semoga ke-lima cara yang bisa saya share bisa sedikit membantu kita semua yang memang kebetulan saat membaca ini menghadapi masalah.

Yang terpenting intinya adalah jangan pernah menyerah berusaha dan berdoa untuk mengatasi masalah yang kita hadapi.

Semoga kita semua selalu diberikan kemudahan oleh Tuhan dalam menjalani hidup ini.

Kuncinya adalah sabar dan ikhlas, apapun masalahnya pasti akan ada jalan keluar.

Tetap semangat!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline