Lihat ke Halaman Asli

Perbedaan Kista dan Miom

Diperbarui: 15 Januari 2019   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Selain kanker dan serviks, kista dan miom juga menjadi penyakit yang cukup menakutkan bagi wanita. Tapi, sudahkan Anda tahu apa perbedaan kista dan miom?

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami paparkan penjelasan dari dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, SpOG selaku dokter spesialis kebidanan dan kandungan Siloam Hospitals Kebun Jeruk (SHKJ)mengenai perbedaan kista dan miom. Berikut informasinya.

Perbedaan Kista dan Miom
Kista dan miom merupakan dua penyakit wanita yang mayoritas berkembang setelah menstruasi pertama dan berkurang setelah menopause. Kista merupakan benjolan yang muncul di bagian indung telur atau ovarium. Sedangkan miom adalah tumor jinak dari rahim atau otot uterus.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami kista atau tidak. Ada beberapa gejala yang terlihat jika Anda mengalami hal ini, diantaranya terjadi gangguan menstruasi, sulit makan, perut membesar, tiba-tiba mengalami nyeri haid yang hebat, hingga timbul rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah.

Dan perlu Anda ketahui, hingga kini sebanyak 75% wanita diperkirakan pernah mengalami miom. Namun anehnya, kondisi semacam ini seringkali tidak disadari oleh wanita. Ini dikarenakan kemunculannya tidak menimbulkan gejala yang serius bahkan terkesan tak mneimbulkan gejala.

Meski demikian, Anda juga masih bisa mendeteksi terjadinya miom dengan cara mengenali gejala yang sering terjadi. Gejala tersebut diantaranya :

Tidak dapat menahan buang air kecil
Sering buang air kecil
Darah menstruasi keluar terlalu banyak dan lama
Sulit buang air besar
Nyeri saat menstruasi
Nyeri saat berhubungan seks
Perut bagian bawah terasa tidak nyaman
Infertilitas dan keguguran.
Jika Anda merasa mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya segera periksakan masalah ini kepada dokter untuk mengetahui kemungkinan yang terjadi secara lebih pasti.

dr. Kathlen menyampaikan bahwa "tata laksana pada penderita kista bisa melaui pengangkatan observasi dan pengangkatan kista atau seluruh ovarium tergantung seberapa besar ukuran kista, hingga penemuan saat operasi."

Sedangkan tata laksana pada miom meliputi observasi, embolisasi arteri uretina, dan pengangkatan miom atau seluruh rahim.

Nah, itulah beberapa perbedaan kista dan miom yang bisa kami bagikan untuk Anda. Setalah mengetahui hal ini, sebaiknya Anda pun turut melakukan pengecekan pada kondisi kesehatan Anda. Kira-kira apakah Anda pernah mengelami gejela-gejala seperti diatas? Jika benar, segera periksakan pada dokter ahli yaaa. jangan tunggu terlalu lama!!

Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat.

manjakanv.com

fahbench.com 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline