Lihat ke Halaman Asli

Modul 2.1.a.8 Pembelajaran Berdiferensiasi

Diperbarui: 11 November 2022   05:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Modul 2.1.a.8 Pembelajaran Berdiferensiasi

Oleh

RATNA DEWI,S.E

CGP ANGKATAN 6

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ratnadewi1988bdg@gmail.com

A. Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan sistematis untuk merancang pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar murid yang beragam. Menurut Tomlinson, konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru dengan berorientasi pada kebutuhan murid.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan di kelas dengan menciptakan suatu pembelajaran kelas yang beragam dengan memperhatikan kebutuhan belajar murid, memberikan kesempatan dalam memahami konten, memproses suatu ide, dan meningkatkan hasil setiap murid, sehingga murid akan lebih efektif dalam belajar.

Setelah memetakan kebutuhan belajar murid maka langkah selanjutnya menentukan strategi diferensiasi apa yang akan diterapkan kepada murid di dalam kelas karena sejatinya kebutuhan belajar setiap murid itu berbeda-beda/

Untuk menciptakan pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dengan tiga strategi, yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline