Lihat ke Halaman Asli

Ratna Dewi

Penyuluh Kehutanan Ahli Muda Dinas Kehutanan Provinsi Lampung

PKSM Teladan Wana Lestari 2023

Diperbarui: 31 Desember 2023   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Aswindi

UPTD KPH Way Waya memiliki Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat atau yang dikenal dengan PKSM sebanyak 30 orang. Mereka merupakan warga Kabupten Lampung Tengah yang tersebar di beberapa kecamatan. Mereka merupakan masyarakat petani yang menggarap di areal kerja wilayah UPTD KPH Way Waya yaitu pada Register 39 Kota Agung Utara dan Register 22 Way Waya.

Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat sangat dirasakan sekali keberadaannya. Mereka memiliki sepak terjang di dunia kehutanan yang mendarah daging dimana mereka terpanggil untuk bekerja dengan kesadaran sendiri, sukarela dan tanpa paksaan. Mereka bekerja bersama Penyuluh Kehutanan ASN membina kelompok tani demi kemajuan petani hutan.

Aswindi merupakan satu diantara anggota PKSM yang ada di UPTD KPH Way Waya. Beliau beralamat di Kampung Marga Jaya Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah. Beliau bergelut di dunia  kehutanan sejak tahun 90an  yang kemudian bergabung menjadi anggota PKSM dan pada tahun 2017 mendapatkan SK PKSM. Pada tahun 2017 hingga saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Forum PKSM Kabupaten Lampung Tengah.

Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh beliau terhadap kelompok tani yang ada di wilayah UPTD KPH Way Waya. Kegiatan yang dilakukan mulai dari kelola kelembagaan, kelola kawasan dan kelola usaha. Pada setiap kegiatan yang ada pada Kelompok Tani Hutan sosoknya selalu hadir dan siap sedia.  

Pada tahun 2023 Pak Aswindi telah mengikuti ajang lomba Wana Lestari dengan kategori PKSM, Beliau pemenang pertama peserta Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung sekaligus mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional. Sungguh suatu prestasi luar biasa pada tingkat nasional Beliau mendapatkan Juara Harapan II. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua atas prestasi ini. 

Dokumen Pribadi

Selamat sekali lagi kami ucapkan kepada Pak Aswindi atas prestasi yang telah dicapai. Semoga segala peluh keringat yang sudah didedikasikan untuk kemajuan masyarakat petani hutan khususnya di wilayah binaan UPTD KPH Way Waya menjadi berkah dan ladang pahala. Sukses untuk rimbawan sejati dan Salam Rimbawan!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline