Lihat ke Halaman Asli

Ratna Dewi

Ibu rumah tangga senang jalan-jalan dn kuliner

Berburu Barang Diskon Sambil Menyambut Tahun Baru di Hongkong

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1357046611631804780

Di penghujung bulan Desember 2012, cuaca di Hongkong lumayan dingin menusuk tulang, bahkan menurut khabar suhu akhir tahun ini menembus rekor sehingga di bawah 10 derajat Celcius. Namun cuaca yang dingin tidak menyurutkan animo dan antusiasme warga dan turis untuk merayakan pergantian tahun di kota yang menjuluki dirinya “Asia’s World City” ini.

Malam tadi, tujuan pertama saya adalah kawasan “Time Square” di Causeway Bay. Tentu saja sebelumnya saya sempat mampir ke Warung Malang di dekat konsulat RI. Lumayan juga sempat menonton suasana Jakarta melalui TVOne.Selepas makan ayam panggang dan sate yang lezat, dengan MTR saya menuju kawasan Tsim Sha Tsui, di dekat Avenue of the Star dimana pesta kembang api termegah sepanjang sejarah akan digelar pada saat detik-detik pergantian tahun nanti.

1357046664841518525

MTR atau kereta bawah tanah sangat ramai pada malam itu walau pun waktu sudah menunjukan lebih dari pukul 22 malam. Stasiun Tsim Sha Tsui telah menjadi lautan manusia. Petugas MTR dan polisi sudah mengatur alur gerakan manusia sehingga dari sekian banyak pintu masuk dan keluar, setiap pintu hanya digunakan untuk masuk atau keluar saja. Saya terbawa arus manusia sehingga keluar melalu pintu A yang tepat berada di Nathan Road di dekat Masjid Kowloon.

1357046781362011560

Begitu keluar, saya terkesima dengan suasana Nathan Road yang biasanya selalu ramai dengan kendaraan malam, itu berubah menjadi lautan manusia. Semuanya ingin menuju ke kawasan Victoria Harbour dan juga Star Ferry untuk menikmati pesta kembang api. Namun polisi mengatur gerakan manusia sehingga saya harus memutar melalui Haiphong Road. Asyiknya toko-toko di kawasan ini masih tetap buka dan banyak menawarka diskon gila-gilaan sehingga ratusan ribu manusia yang ada di kawasan ini masih sempat berbelanja sambil menunggu Tahun Baru 2013.

Saya terus menyusuri Haiphong road sehinggahampir tiba di Canton Road, namun kerumunan manusia terlalu ramai sehingga hampir tidak mungkin menembus Star Ferry dari Canton Road. Saya pun balik arah menuju Nathan Road lagi untuk menuju kawasan Tsim Sha Tsui East via Carnavon Road dan Middle Road. Suasana tetap meriah dengan tumpleknya masa yang tampak bersemangat di tengah cuaca yang dingin.

13570468601300035417

Mendekati pukul24 tengah malam, saya tetap tidak bisa menembus kawasan tepi pantai di Avenue of the Staar. Melainkan tertahan di kawasan dekat Mariners’ Club. Dari sini pesta kembang api mulai terdengarsekitar pukul 23.45. Gedung-gedung jangkung di pulau Hongkong mulai memancarkan cahaya yang mempesona dan kemudian suara kembang api pun mulai terdengar dengan meriah.

Tepat pukul 24.00 malam, hitungan mundur pun dimulai dan seluruh masyarakat yang hadir tampak riang gembira. Walaupun tidak dapat menikmati tontonan kembang api dengan sempurna, namun suasana meriah pergantian tahun baru tetap dapat dinikmati dengan riang gembira.

1357046916203725120

Salah satu yang patut menjadi acungan jempol adalah tertibnya massa dan kesiapan petugas dan polisi. Polisi selalu siap dengan pengumuman agar massa selalu menjaga ketertiban termasuk berhati-hatri atas kemungkinan adanya tangan jahil yang menggunakan kesempatan dalam kesempitan. Tidak ketinggalan mobil polisi dan ambulance pun sudah siap siaga.

13570469611761568658

Sekitar pukul satu malam kerumunan massa mulai secara berangsur meninggalkan kawasan ini kembali ke rumah masing-masing. Aliran arus manusia tidak putus-putus menuju stasiun MTR Tsim Sha Tsui yang telah siap dengan rangkaian kereta yang berangkat bahkan hampir setiap satu atau dua menit. Warga Hongkong memang tidak usah khawatir tentang kehandalan angkutan yang telah beroperasi sejak tahun 1970an ini.Tidak perlu naik taksi apalagi naik mobil pribadi untuk menikmati detik-detik tahun baru.

MTR yang biasanya hanya beroperasi mulai sekitar pukul 5 pagi sampai pukul 24 tengah malam untuk menyambut tahun 2013 ini akan beroperasi selama 24 jam dan siap membawa warga dan turis ke rumah atau hotel masing-masing. Saya sendiri baru tiba di kawasan Tung Chung sekitar pukul 2 dini hari.

13570470642125921738

Malam tahun baru di Hongkong yang berkesan, Berburu barang diskon di saat-saat pergantian tahun di Hongkong.

Hongkong, 1 Januari 2013

foto: Affandiismail




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline