Lihat ke Halaman Asli

RATNA PRIMASUSILA

Guru TK Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun

Meningkatkan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Dadu Flanel pada Anak Usia 4-5 Tahun

Diperbarui: 19 November 2022   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI PERMAINAN DADU FLANEL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (Pendidikan, Kebudayaan, & Indonesia, 2014)

Pendidikan usia dini sebagai usia emas atau lebih dikenal “The Golden Age”dimana masa perkembangan yang sangat menentukan bagi anak dimasa depan atau disebut juga masa keemasan. Masa golden age merupakan masa yang kritis dalam perkembangan anak, sehingga stimulasi atau rangsangan dari lingkungan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan segala aspek perkembangan anak usia dini.

Dokpri

Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yaitu aspek perkembangan kognitif yakni kemampuan membilang. Namun pada kenyataannya anak menggangap kegiatan membilang sebagai pelajaran yang sangat membosankan, karena sifat berhitung yang dinilai masih abstrak dan tahap perkembangan berpikir anak usia dini belum pada tahap tersebut. 

Selain itu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru turut menyumbangkan rasa kebosanan pada anak. Disamping itu peran guru dalam memberikan rangsangan sangat diperlukan untuk peningkatan aspek-aspek perkembangan anak.

Keberhasilan memberikan rangsangan kepada anak dalam proses pembelajaran agar terjadi peningkatan kreatifitas dengan memberi penguatan dan pujian pada anak, agar anak lebih bersemangat dalam belajar. (Nur Hayati, 2012). 

Adapun variabel perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan diukur dari indikator- indikator yaitu membilang atau menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10, membilang dengan menunjuk benda (mengenal lambang bilangan dengan benda-benda) 1 sampai 10; menunjuk dua kumpulan benda yang memiliki warna dan bentuk yang sama (disesuaikan dengan lambang bilangan), membilang banyak benda dari 1 sampai 10, dan membuat urutan bilangan 1 sampai 10 dengan benda. (Ni Made Oktiana Dewi, I Nyoman Wirya, 2014).

Dokpri

Untuk mengatasi pembelajaran membilang yang membosankan bagi anak usia dini maka digunakan metode bermain. Hal senada diperkuat oleh saayah abu “Belajar melalui bermain adalah satu teknik pengajaran dan pembelajaran yang berkesan kepada anak-anak. Melalui teknik ini juga akan mendatangkan kepuasan kepada mereka dalam sesuatu pengajaran yang hendak disampaikan.(Saayah Abu, 2005).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline