Lihat ke Halaman Asli

Ratih Ulandari

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Stop Bullying

Diperbarui: 12 Januari 2021   07:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bullying adalah salah satu bentuk perilaku yang agresif atau kekerasan misalnya melontarkan kata-kata yang di anggap hinaan, main fisik, atau gangguan-gangguan lainnya yang bisa merugikan korbannya dari segi psikologis maupun fisik. Bullying ini sengaja dilakukan dan diperlihatkan secara berulang-ulang kepada orang lain baik yang dikenal maupun tidak dikenal, tanpa korbanya melakukan perlawanan.

Bullying ini bisa terjadi di semua kalangan dari anak sekolah, mahasiswa, tempat kerja, maupun di lingkungan sekitar. Bullying dilakukan karena ada perbedaan dari segi ekonomi dan fisik dari korban yang di bully. Para bullying mempunyai sifat yang tidak suka dan ingin menjatuhkan orang lain. 

Kenapa seseorang melakukan bullying ? ada beberapa faktor sehingga orang melakukan bullying salah satu nya kurang nya perhatian dari keluarga atau dari orang-orang terdekat nya, sehingga dia ingin mendapatkan perhatian lebih  dengan cara penyimpangan yaitu melakukan pembullyan terhadap orang lain. Karena dengan melakukan tindakan seperti itu, akan membuat pelaku bully itu berfikir bahwa dengan ini dia bisa menarik perhatian banyak orang yang di dalam dunia nyata nya dia tidak menemukan perhatian lebih itu kepada orang terdekatnya.

Banyak banget dampak dari pembullyan itu terhadap korban bullyan antara lain gangguan mental atau sakit jiwa, depresi, kurang nya berbaur dengan orang-orang, tidak mau menunjukkan kemampuanya karena dia merasa terancam, tidak memiliki teman karena dia merasa bahwa tidak pantas untuk berteman kepada siapapun karena adanya ujaran-ujaran dari pelaku pembullyan. 

Dalam masalah bullying ini selain korban yang dirugikan disini ialah keluarga korban juga kena dampaknya yang dimana mereka secara tidak langsung melihat anak atau kerabatnya yang kena bullying ini adanya perubahan dalam kelakuan mereka misalnya korban ini banyak diam atau mengurungkan diri, bahkan ada yang mencoba bunuh diri karena merasa tertekan secara terus menerus.

Jadi kita sudah tahu bahwa pembullyan itu tindakan yang sangat menyimpang dan melanggar norma-norma dan HAM. Bagaimana cara ngatasin bullying ? yang pertama kita sebagai masyarakat sosial harus melakukan penyuluhan tentang bahayanya bullying dan dampak yang akan di dapatkan dari bullying itu akan berjangka panjang dan jangka pendek bagi korban bullying. 

Efek dari jangka pendek yaitu tidak berani mengungkapkan pendapatnya kepada orang, sedangkan untuk jangka panjang nya korban bullying ini lebih tertutup kurang nya sosialisasi kepada orang sekitarnya. Yang kedua kita harus memberikan perhatian dan arahan-arahan yang positif. Sehingga bisa memotivasi para korban bullying untuk bangkit dari lingkungan yang membuat dia terpuruk, dan bisa meyakinkan diri sendiri bahwa korban bullying bisa lebih sukses dibandingkan pelaku bullying.

Suatu saat pelaku bullying juga akan merasakan dampak dari kejahatanya dari bullying tersebut yang akan membuat dia  merasa rugi dan penyesalan atas apa dia lakukan selama dia melakukan pembullyan. Dengan begitu semoga tidak ada lagi pelaku dan korban pembullyan di era sekarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline