Lihat ke Halaman Asli

Literasi Dasar - T 3.7 Aksi Nyata

Diperbarui: 11 November 2024   14:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

by ratih tri widyananda

Rancangan Aksi Nyata

Rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis memuat lima komponen yaitu:.

  1. Kegiatan yang dipilih
    Membaca cerita pendek daan menuliskan ringkasan cerita dengan menggunakan gambar atau kalimat sederhana

  2. Strategi yang digunakan.
    a.Membaca terbimbing
    Guru membimbing peserta didik membaca cerita pendek dan mengenalkan kata kunci beserta gambar yang dapat mendukung pemahaman peserta didik
    b. pendekatan visual
    Peserta didik mampu menggambar peristiwa dan menuliskan kembali dengan kalimat sederhana untuk menceritakan isi cerita

  3. Alokasi waktu.
    a. Pengenalan kegiatan 5 menit
    b.membaca cerita pendek 10 menit
    c.Diskusi dan membuat mind map atau  
    d.Menuliskan ringkasan sederhana
    e.Refleksi dan presentasi 5 menit
     
  4. Langkah-langkah kegiatan.
    a. Pengenalan
    Guru memperkenalkan cerita pendek dan menjelaskan tujuan kegiatan kepada siswa  
    b. Membaca cerita
    Peserta didik membaca cerita secara bersama dengan guru. guru memberikan bimbingan untuk mengenali kata kunci dan memahami isi cerita
    c.Diskusi
    Peserta didik berdiskusi secara berkelompok mengenai tokoh utama, alur dan bagian cerita yang menarik
    d. Membuat main map atau gambar
    Peserta didik membuat mind map atau gambar mengenai ide-ide yang ada dalam cerita tersebut
    Menulis Ringkasan
    Peserta didik meringkas dengan mind map atau gambar menggunakan kalimat sederhana
    e. Refleksi dan presentasi
    Peserta didik menyampaikan ringkasan atau menunjukkan gambar kepada teman sekelas dan guru memberikan umpan balik

  5. Asesmen yang digunakan.
    a. rubrik penilaian ringkasan
    Menilai kelengkapan informasi, keakuratan dalam menyampaikan cerita dan kreativitas  
    b. observasi selama diskusi
    Guru mencatat partisipasi peserta didik pada saat diskusi, kemampuan memahami cerita dan keberanian berpendapat
    c. Refleksi dan umpan balik
    Peserta didik menuliskan atau menceritakan apa yang mereka pahami dari cerita, serta kesulitan yang dihadapi sebagai bahan refleksi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline