Lihat ke Halaman Asli

Ratih Poetry

Mompreneur

Pengaruh Karya NH Dini dalam Literasi Saya

Diperbarui: 8 September 2024   17:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto koleksi pribadi

Kegemaran membaca buku saya rasakan kian menggairahkan semasa SMA, saat menemukan novel Hati yang damai karangan ibu NH Dini, di perpustakaan sekolah. Rasanya langsung jatuh cinta pada bahasa tulisan beliau hingga penasaran untuk mencari karya buku beliau lainnya.

Saat itu sayangnya saya baru bisa pinjam novelnya yang berjudul La Barka karena yang judulnya Pada Sebuah Kapal sedang dipinjam oleh siswa lain.

Penulis yang sangat saya kagumi, NH Dini, sejak membaca karyanya yang berjudul La Barka dan Hati yang damai saat SMA, saya mulai jatuh cinta dengan ciri khasnya yang detail dalam setiap tulisannya.

Menurut saya, bahasanya terasa hangat menyentuh hati, sederhana tapi memuaskan dahaga akan wawasan tentang peran perempuan di dalam keluarga dan masyarakat.

Selain itu kumpulan cerpen beliau juga banyak yang yang bercerita tentang kemanusiaan. Ada juga tentang pergolakan batin perempuan dalam hubungan dengan lelaki turut mempengaruhi pikiran dan perasaan saya saat itu. 

Selalu terkenang - kenang dan mulai penasaran untuk memiliki dan membaca karya - karyanya yang lain. Sampai akhirnya setelah punya penghasilan sendiri bisa memiliki karya beliau yang berjudul Kuncup Berseri, salah satu novelnya dalam seri kenangan. Dan terus berlanjut sampai sekarang, sudah ada sebagian besar karya buku beliau yang sampai saya miliki sebagai koleksi buku kesayangan.

Foto koleksi pribadi

Terima kasih ibu yang sudah menemani sepenggal masa muda saya sampai sekarang dengan tulisan - tulisan yang indah. Berbahagialah dalam keabadian dengan-Nya, sementara karya - karyamu tetap hidup di dalam hati kami.

Foto koleksi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline