Lihat ke Halaman Asli

Ratna Sari

Pekerja di Sektor Publik

Puasa? Yuk Wisata ke Palembang, Ngabuburit di Danau Buatan dan Mencicipi Ragit

Diperbarui: 16 Mei 2019   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

danau buatan di Palembang (dok. pribadi)

Pernah ke Palembang ?

Palembang adalah Ibukota Sumatera Selatan, kota ini sangat terkenal dengan jajanan mpek mpek berbagai cita rasa. Hampir di seluruh pelosok kota Palembang, kita akan menemukan penjual mpek mpek, baik di restoran ataupun di gerobak di jalanan. Mpek mpek telah menjadi makanan khas dan kegemaran warga Palembang, demikin juga pendatang yang berwisata ke Palembang, selalu mencari dan ingin menikmati mpek mpek.

Namun, apakah hanya mpek mpek, makanan khas dari Palembang, ternyata tidak, Palembang memiliki makanan khas yang hanya ada pada bulan puasa. Namanya Ragit, yang terbuat dari terigu, telur, dan garam. Kemudian di makan dengan kuah/saus terbuat dari ptongan kentang, daging sapi, santan kelapa, dan bumbu kari. Ragit dulunya di buat dengan cara di dadar seperti dadar telur, namun saat ini juga sering di buat berbentuk gulungan dan segitiga.

Kenapa Ragit banyak di jual di bulan Ramadhan ?. Tidak ada sumber yang mengetahui persis kenapa Ragit banyak dijal dan mudah ditemukan di bulan Ramadhan, namun sebenarnya Ragit pada hari-hari biasa juga bisa di temukan di  beberapa Restoran di Palembang, tetapi pada bulan Ramadhan, banyak sekali pedagang yang menjajakan Ragit dan pembeli juga banyak di bulan Ramadhan.

Jadi, kalau mau menicicpi Ragit, maka berwisatalah ke Palembang di bulan puasa ini !

Selain itu, ada hal lain yang bisa disaksikan di Pelembang. Yaitu objek wisata yang bisa menajdi tempat Ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa. Yaitu Jakabaring sport center. Tempat ini adalah sebagai arena Asian Games 2018, yang menarik di sana adalah Danau buatan yang berfungsi sebagai tempat lomba Dayung. Danau buatan ini menjadi tempat jalan-jalan bagi warga Palembang dan juga wisatawan, tempatnya cukup nyaman untuk duduk dan juga berswa foto. Jadi saat ini, di Palembang, selain jembatan Ampera yang legendaris, juga ada danau buatan yang bisa dikunjungi. saya pernah mengunjungi tempat ini, memang selintas tidak terkesan seperti Danau buatan, karena pembuatannya yang cukup baik  danau tersebut terlihat sama dengan Danau asli, termasuk warna airnya. Smeoga tempat ini dapat menjadi penarik wisatawan ke Palembang, selain jembatan Ampera dan "kulinernya".

Semoga teman-teman tetap bisa berwisata di bulan puasa ini dan juga bisa menikmati kuliner di bulan puasa.

Selamt berwisata !

Sumber:

megapolitan.antaranews.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline