Lihat ke Halaman Asli

Memahami Mekanisme Debet-Kredit

Diperbarui: 26 November 2022   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


Melalui video ini diharapkan sahabat akan mudah memahami mekanisme DEBET-KREDIT. Setelah sebelumnya saya tayangkan video Konsep Persamaan Dasar Akuntansi yang disusul dengan video kedua yaitu Latihan Mencatatkan Transaksi Keuangan di PDA.

Masih ingat formula Persamaan Dasar Akuntansi, kan? Ya, benar. A = K + E (dimana A = Aktiva, K = Kewajiban atau Utang, E = Ekuitas atau Modal).

Yang termasuk dalam kelompok Aktiva diantaranya adalah Kas, Peralatan, Perlengkapan, Piutang, Beban-beban, dll. Jika akun-akun kelompok aktiva bertambah, maka akan dimasukkan ke dalam kolom DEBET, jika akun aktiva berkurang dimasukkan ke kolom KREDIT

Dalam formula Persamaan Dasar Akuntansi akun-akun kelompok aktiva berada di sebelah/ruas kiri lambang sama dengan, sedangkan akun Utang dan Ekuitas atau Modal dan yang memengaruhi pertambahan dan pengurangan modal berada di sebelah/ruas kanan lambang sama dengan. Akun yang memengaruhi pertambahan dan pengurangan.

Modal adalah akun Pendapatan dan akun Prive. Jika akun Utang dan atau Modal dan yang memengaruhinya bertambah maka dimasukkan ke kolom KREDIT, jika berkurang maka dimasukkan ke kolom DEBET. 

Agar penjelasan ini bisa dipahami dengan gamblang, disarankan untuk menyimak video ketiga ini yakni MEKANISME DEBET KREDIT

dengan saksama. 

Semangat menyimak ya sahabat. Semoga senantiasa sukses.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline