ABSTRAK
Penelitian ini berjudul:" Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 43 Kenual melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Luas Permukaan Prisma.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa Siswa Kelas VI SD Negeri 43 Kenual melalui metode penemuan terbimbing pada materi luas permukaan prisma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar siswa Siswa Kelas VI SD Negeri 43 Kenual melalui metode penemuan terbimbing pada materi luas permukaan prisma. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VI SD Negeri 43 Kenual yang berjumlah 17 siswa, tahun ajaran 2022-2023. Desain penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui proses perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara, observasi, pencatatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian siklus I dengan materi luas permukaan prisma segitiga diperoleh ketuntasan belajar klasikal 100% dengan nilai rata-rata 81,17 dan hasil penelitian siklus II dengan materi luas permukaan prisma segiempat diperoleh ketuntasan belajar klasikal 100% dengan nilai rata-rata 82,94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 43 Kenual melalui metode penemuan terbimbing pada materi luas permukaan prisma.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Penemuan Terbimbing, luas permukaan prisma
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H