Lihat ke Halaman Asli

KKN 182 UINSU LANGKAT

Mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kelompok KKN dan PBL 182 Membuat Olahan Obat Herbal sebagai Upaya Intervensi Penurunan Penyakit Hipertensi

Diperbarui: 29 Agustus 2024   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pembuatan Jamu/dokpri

Agustus 2024

Kelompok KKN dan PBL 182 membuat olahan obat herbal sebagai bentuk intervensi penurunan penyakit hipertensi. Penyakit hipertensi menjadi penyakit yang memiliki angka kejadian tertinggi di Desa Tapak Kuda. oleh karena itu, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Pengalaman belajar Lapangan (PBL) membuat olahan obat herbal sebagai bentuk intervensi penurunan penyakit hipertensi yang dijadikan sebagai salah satu program kerja.

Kegiatan pembuatan olahan obat herbal ini diisi oleh Syafirda dan Maisyah Ardila sebagai pembawa acara. Tanaman herbal yang digunakan dalam membuat olahan obat herbal ini terdiri dari Jahe, Kunyit, Serai, Gula Merah dan Jeruk Nipis. Jahe memiliki  senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dengan cara mencegah pembentukan gumpalan darah pada arteri dan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar serta menghambat aktivitas angiostensin-converting enzyme (ACE), Kunyit (Curcuma longa) dapat digunakan untuk terapi hipertensi karena memiliki banyak manfaat, seperti antioksidan, antiinflamasi, dan pencegah proliferasi sel otot polos pembuluh darah, Kunyit juga dapat mempengaruhi ekspresi gen yang berhubungan dengan hipertensi, Serai memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu menurunkan hipertensi, seperti kalium (Dapat mengontrol tekanan darah), antioksidan saponin (Dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi), eugenol (Dapat mencegah trombosit darah tidak menggumpal), dan citral (Dapat mendorong sekresi vasodilator endotel dan penyumbatan saluran kalsium pada otot polos pembuluh darah), penggunaan gula merah dan jeruk nipis dalam pembuatan olahan ini ialah sebagai penambah citra rasa.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tapak Kuda, Masyarakat Desa Tapak Kuda yang berhadir dalam kegiatan ini sangat antusias mengikuti. Setelah selesai Praktek pembuatan jamu, hasil jamu yang telah selesai dibuat dibagikan kepada masyarakat Desa Tapak Kuda yang berhadir untuk ikut mencicipi rasa jamu yang telah dibuat.

Dokumentasi pemberian jamu/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline