Lihat ke Halaman Asli

Terlalu Produktif Itu Tidaklah Baik

Diperbarui: 23 Juni 2024   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Produktif  menurut KBBI adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu, sedangkan secara umum produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan melalui usaha. Lalu apakah terus menerus berusaha selama seharian penuh demi mencapai tujuan itu produktif? ya, tentu itu produktif tapi tidak efektif yaitu suatu akibat yang mengarah positif dan berhasil. Dalam satu hari kita memiliki waktu 24 jam untuk melakukan aktivitas apa pun, entah itu bekerja, belajar ataupun aktivitas produktif yang lainnya, namun, bagaimanakah jika kita terus menerus produktif sampai melupakan sesuatu yang bahkan sama pentingnya seperti aktivitas produktif. Produktif itu tentu bagus namun terus menerus produktif sampai melupakan segalanya bukanlah hal yang baik, terlebih sampai melupakan beberapa hal berikut ini

1. Ibadah

Sebagai makhluk yang berketuhanan ibadah menjadi suatu kewajiban, jangan menjadikan produktivitas sebagai hambatan untuk beribadah kepada tuhan, kita tidak boleh melewatkan beribadah dan jangan lupa untuk bersyukur karena bagaimanapun tuhanlah yang memberi kita kesehatan dan kemampuan sehingga bisa menjalani hari melalukan aktivitas produktif.

2. Istirahat

Ada kalanya kita merasa jenuh, bosan, mengantuk dan pegal ketika terus berkutat di depan komputer ataupun buku, tentu ini adalah hal yang wajar, dan di saat inilah kita harus berhenti terlebih dahulu dari aktivitas yang sedang kita kerjakan karena tubuh membutuhkan istirahat. Sayangnya masih banyak orang yang sering memaksakan diri terus bekerja ataupun belajar padahal tubuh mereka sudah memberikan sinyal untuk beristirahat terlebih dahulu, hal ini harus dihindari karena hanya membuat kita tidak fokus, jika sudah merasa lelah, bosan dan sebagainya segera berhenti dan beristirahatlah, entah itu tidur, makan ataupun yang lainnya.

3. Olahraga

Semua orang tentu sudah tahu betapa pentingnya melakukan olahraga dan manfaat yang bisa kita dapat dari melakukan olahraga, salah satunya adalah mengurangi stres karena mengurangi hormon kortisol yang meningkat ketika mengalami stres. Maka dari itu sempatkanlah waktu untuk melakukan olahraga di tengah kesibukan karena bisa mengurangi stres dari aktivitas berat yang kita lakukan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline