Lihat ke Halaman Asli

Makanan yang Kita Makan Mempengaruhi Kehidupan

Diperbarui: 22 Juni 2024   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kita semua tentu sudah tahu bahwa makanan yang sehat dan bergizi seimbang tentu memiliki dampak yang baik bagi tubuh, dan sebaliknya makanan yang tidak sehat dan memiliki sedikit nutrisi akan berdampak buruk pada tubuh kita. Makanan yang kita makan sudah pasti mempengaruhi tubuh kita, namun, siapa sangka? selain mempengaruhi tubuh makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi mental, kecerdasan dan produktivitas sekaligus keefektifan kita dalam melakukan pekerjaan sehari hari. Berikut penjelasannya.

1. Pengaruh makanan terhadap tubuh

Seperti yang sudah sebutkan makanan bergizi seimbang akan memberikan dampak yang baik untuk tubuh seperti meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan mata, tulang dan gigi, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebaliknya makanan tidak sehat dan rendah nutrisi terlebih lagi jika tinggi kandungan gula dan natrium akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh seperti terkena diabetes, darah tinggi dan serangan jantung, bahkan tidak hanya itu imunitas tubuh kita juga akan menurun dan mudah terjangkit berbagai penyakit.

2. Pengaruh makanan terhadap kesehatan mental

Dikutip dari Dr. Liji Thomas, otak mengonsumsi  20% dari asupan kalori harian, yaitu sekitar 400 dari 2000 kalori sehari. Oleh karena itu, makanan yang dimakan berhubungan langsung dengan struktur dan fungsi otak sehingga mempengaruhi cara kerja pikiran. banyak penelitian menemukan bahwa pola makan yang terlalu kaya gula rafinasi bersifat racun bagi fungsi otak karena tingginya  kandungan gula sederhana yang menekan pankreas dan menyebabkan resistensi insulin. kadar gula yang tinggi dengan respon insulin  kompensasi merangsang gelombang neurotransmiter otonom yang kontra reaktif seperti kortisol dan glukagon.

Hal ini diketahui menyebabkan peningkatan kecemasan, rasa lapar dan mudah tersinggung. Selain itu, menyebabkan peradangan dan stres oksidatif, hal ini telah dikaitkan dengan eksaserbasi  gejala depresi dan gangguan mood lainnya.

3. Pengaruh makanan terhadap kecerdasan

seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa makanan yang kita makan berhubungan langsung dengan struktur dan fungsi otak sehingga mempengaruhi cara kerja pikiran maka jelas makanan yang kita juga berpengaruh besar terhadap kecerdasan terutama kecerdasan seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Contohnya saja, seperti makanan yang bagus untuk otak adalah makanan yang mengandung omega 3 dan  omega 6 yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, lalu makanan yang mengandung zat besi juga mempengaruhi kecerdasan, bahkan zat besi harus tercukupi dari masa kita masih ada di dalam kandungan dan masa pertumbuhan agar menjadi orang yang cerdas. Maka sebaliknya ketika sering mengonsumsi makanan yang mengandung natrium yang tinggi hal ini dapat berpengaruh buruk bagi kecerdasan.

4. Pengaruh makanan terhadap produktivitas dan efektivitas 

Semua orang pasti pernah merasa malas sehingga menyebabkan kurang produktif atau bahkan tidak produktif, maka jika kita tidak produktif atau kurang produktif keefektifan dalam menjalani hari juga tidak ada, dan siapa sangka? ternyata makanan yang kita makan juga berpengaruh terhadap rasa malas sehingga membuat kita berat untuk beraktivitas, sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi rasa malas dan salah satunya dari makanan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline