Lihat ke Halaman Asli

Rasfiati

Guru BK

Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Komunikasi Efektif

Diperbarui: 21 Januari 2023   22:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Disini saya akan membagikan cerita Praktik Baik (Best Practice) saya mengenai "Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Efektif". Best Practice ini memiliki manfaat untuk teman sejawat atau teman pendidik lainnya sebagai referensi dalam memecahkan permasalahan yang sama.

Lokasi                             : SMK Negeri 2 Cilacap

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas

Tujuan                            : Peserta didik mampu meningkatkan keterampilan berkomunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan, ide, atau gagasan pada kehidupan bermasyarakat melalui layanan bimbingan klasikal dengan metode problem based learning

Penulis                            : Rasfiati, S.Pd.

Tanggal                          : 12 Desember 2022

SITUASI

Kondisi yang menjadi latar belakang dari masalah yang saya angkat adalah sebagai berikut :

Berdasarkan hasil AKPD menunjukkan 75% peserta didik kelas XII TPM 1 belum mampu berkomunikasi yang efektif, kemudian dari hasil eksplorasi penyebab masalah yaitu :

  • Terbiasa berkomunikasi menggunakan handphone pada saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, sehingga peserta didik masih pasif berkomunikasi secara langsung
  • Peserta didik lebih nyaman berkomunikasi secara tidak langsung (menggunakan media sosial)
  • Peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan kata-kata, ide, gagasan serta perasaannya
  • Peserta Didik tidak belum memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan :

Layanan Klasikal ini perlu dilaksanakan karena dengan melihat kondisi yang ada saya berharap dengan kegiatan ini peserta didik dapat memiliki keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif, melihat peserta didik yang terbiasa melakukan pembelajaran daring selama ini, sehingga komunikasi antar teman, maupun kepada orang lain secara langsung masih terlihat pasif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline