Lihat ke Halaman Asli

Rasendriya Arya

Part of UMM Student

Peran Productivity Application dalam Membantu Pekerjaan di Masa Pandemi

Diperbarui: 31 Januari 2022   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada tahun 2020, seluruh dunia dilanda oleh bencana yaitu pandemi Corona Virus Disease atau yang lebih dikenal sebagai Covid-19. Pandemi itu berdampak pada semua kegiatan. Termasuk kegiatan ekonomi dan pembelajaran. Pada awal pandemi, pemerintah menutup semua tempat yang memicu penyebaran virus ini. Oleh karena itu, semua kantor, fasilitas umum, bahkan sekolah ditutup oleh pemerintah dan pemerintah mengambil kebijakan untuk menyuruh semua masyarakat untuk melakukan semua kegiatan dari rumah.

Untuk menunjang semua kegiatan itu, masyarakat membutuhkan beberapa aplikasi dan aplikasi yang cocok adalah productivity application atau aplikasi produktivitas. Dimana Aplikasi produktivitas adalah program atau aplikasi yang dapat membantu dan memudahkan manusia dalam melalukan atau menghasilkan sebuah output atau hasil. Contoh dari aplkasi produktivitas adalah Skype, TeamViewer, Dropbox, PolarisOffice, LibreOffice, Wunderlist, Google Drive, Outlook, OneDrive, Google Meet, Zoom Meeting, dan sebagainya.

Dari sekian banyak aplikasi yang tersedia, mayoritas masyarakat sering menggunakan dua aplikasi yaitu Google Meet dan Zoom Meeting. Dimana aplikasi Google Meet dan Zoom Meeting merupakan aplikasi yang tergolong mudah untuk di operasikan.

Google Meet adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini merupakan salah satu Aplikasi yang hadir untuk menggantikan aplikasi terdahulunya. Sedangkan Zoom Cloud Meetings adalah sebuah program perangkat lunak telekonferensi video yang dikembangkan oleh Zoom Video Communications. untuk pengguna gratis diberikan fitur gratis melakukan meeting atau rapat selama  40 menit dengan 100 peserta.

Aplikasi Google Meet tidak memiliki batas waktu untuk melakukan meeting atau rapat. Berbeda dari aplikasi Google Meet, Zoom menyediakan program premium. Dimana program premium ini dapat mengakses beberapa fitur yang tidak bisa diakses oleh pengguna gratis. Misalnya pengguna gratis tidak bisa melakukan meeting atau rapat diatas 40 menit.

Kami (Rasendriya Arya dan Yuzril Mahendra) melakukan analisis apa saja fitur dan sistem informasinya terhadap dua aplikasi itu yaitu Google Meet dan Zoom Meeting. Hasilnya adalah sebagai berikut.

A. Google Meet

Sebagai aplikasi video telekonferensi google meet dapat di akses oleh pelanggan /pengguna melalui beberapa perangkat, baik itu Smartphone, Pc, Laptop atau semacamnya yang memiliki sistem operasi yang compatible dengan aplikasi ini. Komponen yang dimiliki oleh google meet antara lain sebagai berikut :

  1. Home screen : Pada tampilan  awal, kita disuguhkan dengan konsep minimalis yang diusung oleh google, disana pula terdapat satu kolom untuk kita memasukkan alamat rapat yang akan kita ikuti dan satu kolom lagi yang berwarna biru untuk kita menjadwalkan rapat yang akan kita selenggarakan, selanjutnya setelah memasukkan kode rapat kita diharuskan login menggunakan alamat email yang terdaftar di google untuk menjamin keamanan baik dari penyusup atau pun hal-hal lain yang dapat mengganggu jalannya rapat.

2. Fasilitas di dalam room :

  • Didalam room rapat terdapat beberapa fasilitas yang disediakan oleh developer untuk menunjang berjalannya rapat, beberapa fitur yang dihadirkan di dalam room tersebut antara lain :
  • Papan virtual, untuk menulis atau mendeskripsikan sesuatu
  • Anggota, untuk mengetahui siapa saja dan berapa banyak anggota yang bergabung dengan rapat
  • Video Filter, untuk menambah kesan/efek pada tampilan video anda
  • Video background, Untuk mengganti latar belakang video anda
  • End call, untuk keluar dari rapat
  • Microphone, untuk mengaktifkan/nonaktifkan mic anda
  • Video, untuk mengaktifkan/nonaktifkan kamera anda
  • Chat, untuk berinteraksi dengan anggota rapat dalam bentuk tulisan
  • Kontrol Penyelenggara, untuk mengontrol jalannya rapat dan menghindari anggota yang berbuat keributan atau chaos selama rapat.
  • Link Room, dapat disalin untuk dibagikan kepada anggota rapat yang lain

    Dokpri

3. Keamanan : untuk keamanan google menggunakan keamanan buatan mereka sendiri dalam melindungi data pribadi penggunanya, dimana kita ketahui bahwa satu akun google yang kita miliki dapat mengakses beberapa aplikasi yang dimiliki oleh google hanya dengan login menggunakan email yang sudah terdaftar saja. Sertifikat keamanan google sudah terdaftar dengan nama google workspace (formerly G suite) certification.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline