Lihat ke Halaman Asli

IQbal KHan

Grey Hat SEO • Internet Marketer • Online Reputation Management.

Analisis Tentang Akun Facebook Bocah "Selfie" bersama Pacar

Diperbarui: 4 Maret 2016   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Screenshot: Facebook"][/caption]Hari ini melihat kabar sliwar-sliwer tentang bocah dengan foto di facebook yang telanjang bareng pacarnya. Ane cukup kaget setelah melihat foto nya. Namun ane orang cerdas yang biasanya langsung stalking sampai akhir, akun itu dibuat kapan, tipe update seperti apa dan faktor-faktor lain tentang social engineering.

Kalau masalah foto ane yakin itu foto asli, memang kaget juga sih, namun ane yakin bukan dia yang menjalankan akun itu. Bisa akun dia dihack atau memang akun baru yang digunakaan untuk menyebarkan info seperti ini.

Sumber Foto. Ane menganalisa sumber foto ini mungkin dari HP si anak cewek itu atau mungkin juga HP si cowok nya. Seperti yang kita ketahui hp sekarang murah jadi kalau cuma mau foto seperti itu dengan menggunakan hp salah satu dari mereka sangat memungkinkan. Terus masalah dapat akses foto itu ada banyak kemungkinan, entah itu HP mereka dicuri atau memang ada orang dekat yang menyalin semua foto yang terdapat dalam hp mereka, atau memang seperti apa ane tidak bisa memastikan niatannya, atau bisa juga saat service HP ada yang menyalinnya.

AKUN FACEBOOK

[caption caption="Screenshot: Facebook"]

screenshot-fb-56d902e2c8afbdbc316878a4.png

[/caption]

Akun facebook dengan nama enah.juhariah. Bisa dilihat dari URL facebook nya, atau nama facebook nya In* S* N*n*nk ini. Namun ane menduga dari hasil analisa yang ane ini bukan merupakan akun asli cewek ini. Karena bisa dilihat dari teman-temannya rata-rata sudah berumur. Jadi kemungkinan tadinya akun ini adalah akun klonengan cewek cantik atau apa yang terus didelete semua foto dan seluruh atributnya, terus diganti dengan akun cewek ini. Bisa dilihat dengan hasil komunikasi dengan temannya di bulan oktober 2015,

Dan jelas akun ini update per tanggal 1 Maret, update dengan intens. update dengan teratur padahal update terakhir adalah bulan september 2015. Dia update seolah-olah itu akun yang punya yang ada difoto itu. Sebodoh-bodohnya anak SD atau orang tolol gak akan mungkin update seperti itu dan update setelah mengupload foto itu dengan cuek nya, tidak mendelete foto ketika semua menjadi heboh seperti ini malah update terus.

Senarsis-narsisnya dan sebego-begonya anak SD yang sudah tahu facebook, mereka tidak akan mengkosongkan cover facebooknya tanpa gambar, akun itu tidak konsisten mengupload foto, Dia mengupload foto korban saat masih SD dan menggupload foto saat SMA, ane yakin jelas bukan bocah itu sendiri yang melakukan, namun memang orang lain yang melakukan upload foto itu. Jelas ini aksi menjatuhkan orang lain, dan 2 bocah itu selain melakukan kegiatan tidak terpuji disisi lain mereka adalah korban.

[caption caption="Screenshot: Facebook"]

skrin-fb-56d9044e2a7a61350abe60f4.png

[/caption]

Kesimpulannya Apa? 

Ane memberi kesimpulan dan tidak langsung menjudge bocah itu. Jelas yang dia lakukan salah dan tidak perlu roy suryo untuk mendeteksi foto itu asli atau palsu, Jelas itu foto asli dan jelas itu kegiatan tidak benar anak itu. Namun ane lebih menitikberatkan pada kasus penyebaran seperti akan mengancam siapa saja. Setiap orang bisa menjadi korban perlakuan seperti ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline