Lihat ke Halaman Asli

Wisuda Online

Diperbarui: 31 Agustus 2021   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisuda Online (Dokpri)

From Zero to Hero.

Slogan yang sangat memacu kita untuk melampaui batas kemampuan kita.

Ini saya rasakan sekarang, yang terjadi pada putri pertama saya. Tiga tahun yang lalu dia memulai langkah baru, langkah yang harus dia tempuh. Mulai dari hidup sendiri jauh dari orang tua, mulai belajar mandiri dengan dunia pendidikan yang baru. 

Karena sudah waktunya dia melakukan ini semua. Saya sebagai orang tua hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk dirinya.

Empat bulan berlalu dari pertama kami melepasnya, kamipun berjumpa lagi dan saling berbincang berbagai hal. Ternyata bidang study yang diambil saat ini tidak pernah terbersit didalam dirinya, padahal saat memutuskan ini, saya sebagai orang tua sudah mendelegasikan sepenuhnya kepada dia yang akan menjalaninya. 

Terasa berat dia menjalani ini semuanya, karena berbagai permasalahan yang kompleks, atau salah kami tidak membiasakan dia untuk hidup mandiri, tapi saat ini tidak ada pilihan lain, kecuali memberikan motivasi penuh kepadanya. Nikmati dunia kamu saat ini, dunia ini yang tidak pernah kami rasakan, karena keterbatasan ekonomi kami tidak sampai di level ini. 

Belajar menikmati apa yang tidak kamu sukai, belajar menjalani apa yang tidak kamu senangi. Hidup harus berjalan, rintangan pasti akan ada tapi harus kita hadapi dan Allah SWT tidak akan membebani kita melebihi batas kemampuan kita. 

Sejak perbincangan itu, saya lihat ada semangat baru di dirimu. Kamu mulai menjalaninya dengan penuh semangat. Selain komunikasi yang intens, kamu juga mengabarkan hal-hal yang baru. 

Tahun pertama sudah kamu lalui, dan nilai yang kamu dapatkan pun diluar dugaan kami, kamu mendapatkan nilai yang diatas rata-rata. Di tahun kedua kamu ingin menjadi Asprak, saya sendiri tidak tau apa itu karena kami tidak pernah sampai ke level ini. 

Ternyata atas kegigihan kamu dan doa kedua orang tuamu, keinginan menjadi Asprak terwujud, di tahun kedua ini kamu menjadi assisten praktek di kampus. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline