Lihat ke Halaman Asli

afrizah rahmadhani

MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Tips Memasak Sehat dan Lezat: Sajian Praktis untuk Keluarga

Diperbarui: 4 Juni 2024   19:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.behance.net/gallery/91194635/Mother-and-Daughter-are-Cooking

Memasak di rumah tidak hanya merupakan cara untuk menghemat pengeluaran, tetapi juga memastikan keluarga mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Namun, kesibukan sehari-hari seringkali membuat kita sulit untuk memasak makanan yang lezat dan bergizi.

Berikut beberapa tips memasak sehat dan lezat, dengan sajian praktis untuk keluarga:

1. Rencanakan Menu Makan

Merencanakan menu makan untuk seminggu dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang. Buatlah daftar belanja berdasarkan menu yang telah direncanakan. Hal ini dapat membantu Anda menghindari pembelian bahan makanan yang tidak terpakai. Dengan ini anda juga tidak bingung akan memasak apa untuk 1 minggu kedepan.

2. Pilih Bahan Segar dan Berkualitas

Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas untuk memastikan rasa dan kandungan gizi yang optimal. Pilihlah buah dan sayur yang masih segar, daging yang tidak berlemak berlebihan, dan ikan yang segar agar kualitas bahan masih segar dan berkualitas untuk jangka waktu satu minggu kedepan.

3. Variasikan Menu

Hindari menyajikan menu yang sama setiap hari. Variasikan menu dengan berbagai jenis protein, karbohidrat, dan sayur untuk memastikan keluarga mendapatkan nutrisi yang seimbang. Anda juga dapat menambahkan susu pada pagi hari agar mengisi kebutuhan kalsium pada anak.

4. Masak dengan Cara Sehat

Gunakan teknik memasak yang sehat, seperti merebus, mengukus, membakar, atau menumis dengan sedikit minyak. Hindari menggoreng makanan karena dapat meningkatkan kadar lemak dan kalori, atau jika anda ingin menggoreng anda dapat menggunakan air fryer agar mengurangi penggunaan minyak yang berlebih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline