Lihat ke Halaman Asli

Rappi Darmawan

saya pekerja baik-baik

Lokasi Beli Songket

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1301749893667302200

Pasar Tradisional atau Mall


Kawasan Ilir Barat Permai, kemarin siang tidak terlalu ramai pengunjung. Area parkir kendaraan tampak banyak yang kosong. Kompleks pertokoan ini, akan lebih ramai dikunjungi ketika akhir pekan.

Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan aneka produk khas Palembang, kompleks pertokoan dan perkantoran ini wajib dikunjungi. Tepat dibelakang Pasaraya Ramayana, ada Pasar Kito-sebelumnya dikenal Pasar 16 Ilir Baru-yang menyediakan aneka produk khas Palembang.

Setidaknya ada 130 toko atau kios di Pasar Kito. Semuanya menjual produk khas Palembang, umumnya kain songket dan produk turunannya. “Kami menjual produk khas Palembang, songket, tajung, blongsong, jumputan dan baju batik motif songket Palembang,” kata ketua persatuan pedagang Pasar Kito Umar Sahab.

Kain songket, jumputan dan tajung yang dijual pedagang di Pasar Kito menurut Umar Sahab, merupakan hasil home industri. Biasanya, pemilik toko menyediakan bahan seperti benang, kain dan pewarna. Pembuatnya adalah pengrajin yang dibayar berdasarkan upahan.

Produk khas Palembang yang dijajakan pedagang di Pasar Kito tak kalah kualitasnya dengan yang dijual di toko-toko ternama ataupun butik. Sementara untuk harga, jauh lebih murah. Misalnya, kain songket berkisar antara Rp850.000-Rp4 juta. Kain tajung (kain untuk pria) Rp 150.000-Rp250.000. Harga ditentukan bahan dan motif. Yang paling mahal, menggunakan benang sutra.

Menurut Umar, pedagang di Pasar Kito melayani pembelian dalam jumlah besar atau grosir. Namun, juga secara eceran. Selain, kain songket, jumputan, tajung, pedagang juga menjual aneka kerajinan hasil olahan (souvenir) dari kain songket. Seperti dompet, tanjak, hiasan dinding dan ukuran khas Palembang. Terbaru ada juga kaos dan baju batik motif songket Palembang.

Masih di kompleks Ilir Barat Permai, ada pula Paragon Mall. Di lantai 2 mall ini semua tenant menjual produk fashion khas Palembang. Mulai dari kain songket, jumputan dan pernak pernik lainnya. Berada di mall, pengunjung yang ingin berbelanja akan lebih nyaman. Namun, untuk harga sedikit lebih tinggi.

Selain di Ilir Barat Permain, lokasi berbelanja souvenir khas Palembang adalah kawasan Tangga Buntung. Disini terdapat banyak toko yang menjajakan aneka kain songket dan jumputan. Umumnya, toko disini milik pengrajin yang sudah mapan.(http://sampingpuntikayu.com)


Harga Souvenir Khas Palembang


SongketRp850.000-Rp5 Juta

TajungRp150.000-Rp250.000

JumputanRp170.000-Rp225.000

Kemeja BatikRp50.000-Rp100.000

Kaosmulai Rp30.000


Sumber : Pedagang Pasar Kito




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline