Banyak orang yang suka membagikan pengetahuan yang mereka miliki untuk membantu masyarakat ataupun sekedar berbagi pengalaman yang bisa memberikan perspektif baru bagi orang lain yang mungkin sedang menghadapi masalah yang sama.
Blog menjadi salah satu platform yang paling populer saat ini. Cara penggunaan fitur yang biasanya cukup mudah, menjadi salah satu alasan mengapa platform ini digemari banyak orang. Tidak hanya itu, melalui blog kita tidak hanya bisa membagikan teks, melainkan bisa membagikan foto, video bahkan audio. Beragamnya jenis-jenis blog yang tersedia di era sekarang ini, memunculkan profesi baru yang lebih dikenal sebagai Blogger. Jenis blog yang paling diminati bagi mereka yang baru pertama kali mencoba menulis blog yaitu personal blog, blog gratis, dan social blog. Jenis blog ini memungkinkan mereka menulis artikel tanpa pungutan biaya sama sekali.
Berikut beberapa topik yang sangat menarik bagi saya pada kursus "Menciptakan Konten Kreatif dan Memperluas Jangkauan Bisnis Melalui Blog", semoga bisa memberikan insight baru untuk kita semua.
Tujuan Blog
Para blogger juga punya tujuan yang berbeda-beda dalam pembuatan blog mereka. Sebagai sarana dokumentasi, menambah ilmu pengetahuan, medium publikasi, dan sarana berjejaring dan berinteraksi.
Sebagai sarana dokumentasi, mereka biasanya mendokumentasikan hal-hal yang lebih bersifat personal seperti impian mereka, pencapaian, catatan-catatan harian, dan lainnya yang mana itu akan menjadi sebuah pengingat akan hal-hal yang akan mereka lakukan atau pun telah mereka capai. Dan tidak menutup kemungkinan juga, akan menjadi motivasi bagi audiens yang melihat tulisan mereka.
Blog sebagai sarana untuk menambah ilmu pengetahuan atau sebagai media literasi yang dimana membantu memberikan dampak positif terhadap penyelesaian suatu masalah atau menambah insight baru bagi para pembaca tentang suatu hal.
Sebagai medium publikasi, seorang blogger bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca terhadap informasi yang hendak disampaikan. Informasi tersebut dapat berupa sebuah peristiwa, pengalaman, ataupun sekedar opini terhadap suatu hal yang harapannya dapat menambah pandangan baru pada hal tersebut.
Sebagai sarana berjejaring dan berinteraksi, blog menjadi salah satu alat yang bisa digunakan untuk membantu memberikan dampak positif atau bahkan menyelesaikan masalah orang lain melalui artikel-artikel yang ditulis. Dengan adanya keterkaitan antara kebutuhan para pembaca dan apa yang disediakan oleh blogger, dapat membangun interaksi yang lebih baik dalam sebuah komunitas.
Tidak terbatas pada hal diatas, masih ada tujuan blog lainnya yang juga semakin populer dikalangan para blogger saat ini.
Sebagai medium eksistensi dan personal branding atau sebagai medium pengembangan bisnis. Untuk blogger perseorangan, blog sebagai medium eksistensi dan personal branding bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk memulai. Melalui konten yang dibuat, akan menunjukkan keberadaan seseorang di dunia dan akan menjadi awal dalam membangun personal branding yang tentunya akan berguna bagi orang lain untuk tahu tentang bagaimana cara seseorang berpikir atau bagaimana orang ini membawa diri mereka terlebih dalam dunia maya. Proses membangun personal branding ini akan membantu menunjang karir mereka di masa yang akan datang.
Banyak kemudian juga perusahaan atau penyedia jasa yang akhirnya menggunakan blog sebagai media pengembangan bisnis. Mereka bisa membagikan produk atau jasa yang mereka tawarkan secara lebih detail menggunakan fitur-fitur blog yang tersedia.