Lihat ke Halaman Asli

RANUM KUSUMA

Mahasiswa

Masihkah Generasi Muda Bangga dengan Identitas Bangsa

Diperbarui: 22 Agustus 2024   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Krisis identitas di Indonesia mengacu pada tantangan yang dihadapi dalam menjaga dan mengembangkan kesatuan identitas nasional di tengah keragaman budaya, agama, suku, dan politik yang kompleks. Identitas bangsa yang kuat membantu mempersatukan masyarakat di tengah keragaman. Generasi yang bangga dengan identitas bangsa akan lebih cenderung menghargai dan merayakan segala bentuk keberagaman yang ada di Indonesia.

Pentingnya generasi muda bangga dengan identitas bangsa sangat besar karena mereka adalah penerus masa depan negara. Pada saat ini, banyak ditemukan fakta bahwa generasi muda atau yang lebih dikenal dengan sebutan gen z merasa lebih bangga menggunakan barang-barang luar negeri karena dianggap lebih berkualitas atau modern.

Mereka berasumsi bahwa personal branding yang mereka dapatkan akan lebih besar apabila mereka memiliki barang dengan merk yang sedang booming. Padahal dengan personal branding yang gen z miliki, mereka bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan identitas bangsa sebagai bentuk rasa bangga yang mereka miliki sebagai bangsa Indonesia. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan memakai produk buatan lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk dari luar. Dengan begitu, mereka akan menunjukkan bahwa rasa bangga gen z terhadap identitas bangsa itu masih ada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline