Lihat ke Halaman Asli

Ranti Sugihartanti

Mahasiswa Sistem Telekomunikasi

Dies Natalis UPI ke-68: "Bangkit, Berkarya, dan Inovatif menuju Indonesia Emas 2045"

Diperbarui: 24 Oktober 2022   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tepat pada tanggal 20 Oktober 2022 kemarin UPI merayakan Dies Natalis-nya yang ke-68. Pada  peringatan Dies Natalis UPI yang ke-68 ini mengusung tema “Bangkit, Berkarya, dan Inovatif menuju Indonesia Emas 2045”. Rangkaian acara tersebut diawali dengan Prosesi Upacara yang dilakukan di Gedung Ahmad Sanusi UPI, penganugrahan unit kerja dan peluncuran SMS (Smart Management System), kemudian dilanjutkan dengan karnaval budaya nusantara di seputaran Gymnasium UPI. Prosesi upacara diisi dengan sambutan-sambutan salah satunya oleh Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A.,. Sejak UPI menjadi PTNBH mengalami peningkatan produktivitas publikasi karya ilmiah  baik sevara nasional maupun internasional , Peneliti UPI berhasil mempub.ikasikan karya ilmiah pada jurnal internasional  bereputasi sebanyak 1200 terbitan terindeks scous pad ajurnal tahun 2019 ealaupun menurun drastis pada tahun 2021 dan 2022 namun kumulatif terbitan scopus hingga tahun 2022 mencapai 6108 dokumen ,267 dokumen web of science dan sebanyak 11841 dokumen jurnal akreditasi sinta pada jumlah ini UPI dapat bertahan menjadi 12 universitas terbaik di tanah air. Pada pidato yang disampaikan oleh rekto UPI, UPI berkembang pesat menurut Time Higher education university ranking tahun 2022 sebagai intitusi yang berpengaruh  dalam perikatan PT diseluruh dunia. UPI menempati peringkat tertinggi dalam indicator sitasi dan univertias pendidikan terbaik di Indonesia .

Pada Dies natalis UPI ke-68 diluncurkan smart management system SMS adalah sistem tata kelola kelembagaan akademik dan non-akademik dengan dukungan duplikasi dan infrastruktur teknologi informasi yang terintegrasi. SMS diharapkan sebagai program strategis yang membawa UPI lebih maju di masa depan. Dalam SMS terdapay 22 aplikasi yang diharapkan dapat membantu baik mahasiswa maupun civitas akademik UPI dalam melakukan berbagai pengelolaan dalam kampus melalui sistem yang terintegrasi. Memasuki revolusi industry 4.0 yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan penggunaan teknologi internet melalui IoT, cloud computing, big data, artificial intelligence, aplikasi seperti SIET, Test Center, E-Kinerja, SINERGI, MOOCS, Aplikasi MBKM, SIAK New Gen dan aplikasi lainnya dikembangkan untuk UPI sehingga sistem konvensional beralih menjadi digital dan otomatis.

Pada perayaan dies natalis UPI ke 68 memberikan apresiasi kepada para dosen dan civitas akademik salah satunya pengjargaan diberikan kepada Syifaul Fuada, S.Pd.,M.T. sebagai dosen pengampu mata kuliah Elektronika Telekomunikasi Program Studi Sistem Telekomunikasi Kampus UPI Purwakarta yang menjadi peringkat ke-3 dalam kategori Inovasi Bidang Non-Pendidikan untuk karyanya yaitu Gateway untuk UPISMARTHOME V.1.0. Selamat atas pencapaian Bapak Syifaul fuada semoga dappay memotivasi saya dalam perkuliaahan di UPI. Dan Selamat dies natalis UPI ke-688 semoga tetap menjadi kampus yang terbaik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline