Lihat ke Halaman Asli

Ranti Zahirah

Universitas Sriwijaya

Mengatasi Masalah Belajar karena Kurangnya Motivasi Belajar

Diperbarui: 23 November 2022   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Cara mengatasi masalah belajar karena kurangnya motivasi belajar dapat melibatkan berbagai pihak, yaitu sebagai berikut:

1. Peran Pemerintah

Tugas Pemerintah adalah memotivasi siswa untuk belajar. Ini mengacu pada posisi dewan sebagai pembuat keputusan, peran atau tanggung jawab dewan, yaitu. pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Pemerintah harus membuat kebijakan yang memuat regulasi yang relevan dan komprehensif. Misalnya untuk mengidentifikasi buku-buku wajib yang sangat perlu diajarkan oleh lembaga pendidikan (sekolah), buku yang intinya sangat jelas (buku menarik yang berisi informasi tetapi dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar), bukan hanya buku yang monoton. - Hal ini saja membuat siswa bosan dan enggan membacanya. Selain buku-buku menarik yang memotivasi siswa, diperlukan pula buku-buku yang memuat informasi faktual yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
 Selain itu, pemerintah yang memiliki kewenangan untuk menetapkan kurikulum juga harus menyertakan motivasi yang mendasarinya sebelum sekolah diberikan kebijakan untuk menetapkan kurikulumnya sendiri, yang tentunya terkait dengan pedoman kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah.

2. Peran Orang Tua

Orang tua memainkan peran paling penting dalam memotivasi anak-anak mereka. Karena anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sepulang sekolah. Setiap orang tua memiliki cara yang berbeda untuk memotivasi anak-anaknya. Beberapa orang tua mendukung anaknya dengan pilihan belajar tambahan, seperti  komputer, buku referensi dan perangkat tambahan yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Ada juga orang tua yang memotivasi atau menyemangati anaknya melalui ceramah, panutan dan lainnya.

3. Peran Guru

Guru memiliki kemampuan dan peran yang besar dalam memotivasi siswa. Karena salah satu peran guru adalah sebagai pembelajar, bagaimana seorang guru dapat menciptakan transfer pelajaran dan motivasi bagi siswanya? Peran guru dalam memotivasi siswa dapat diimplementasikan dengan cara sebagai berikut:

  • Guru memberikan informasi tentang motivasi kepada siswa, motivasi dapat diberikan  dalam bentuk ceramah singkat  sebelum memulai  pembelajaran. Selain itu, guru dan guru mata pelajaran  aktif berdiskusi untuk menciptakan motivasi agar siswanya tidak  kekurangan motivasi. 
  • Guru  juga sangat berperan dalam  memotivasi siswa, guru senantiasa membimbing dan memotivasi siswa baik secara individu (individual) maupun  kelompok.

Perubahan strategi/metode pembelajaran sesuai dengan keadaan nyata siswa. Saat ini metode pembelajaran yang populer di Indonesia dikenal dengan istilah paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Aktifitas artinya  guru harus menciptakan suasana dalam proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa aktif dengan bertanya, bertanya dan mengungkapkan gagasan. Inovasi artinya bagaimana guru menciptakan pembelajaran yang  membuat siswa berpikir bahwa belajar itu menyenangkan, sehingga meresap ke dalam benak siswa, tentunya tidak  ada rasa tertekan dengan deadline dan kebosanan. Kreativitas berarti bahwa guru menciptakan kegiatan pembelajaran yang berbeda yang sesuai dengan tingkat siswa yang berbeda. Efektivitas merujuk pada seberapa baik guru mampu menciptakan hal-hal yang perlu dikuasai  siswa dalam kegiatan pembelajaran  tanpa membuang waktu. Dan menyenangkan berarti suasana belajar mengajar yang menyenangkan, dimana siswa memusatkan seluruh perhatiannya  pada pembelajaran yang berarti banyak waktu kerjanya. Menggunakan media pembelajaran inovatif yang dapat menarik  dan memotivasi siswa. Penggunaan peralatan tambahan seperti LCD proyektor atau ohp  untuk memudahkan pekerjaan guru juga membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa. Karena ada siswa yang bisa cepat belajar audio-visual dan non-audio-visual.

Nama : Ranti Zahirah

Mahasiswi : Universitas Sriwijaya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline