Lihat ke Halaman Asli

Rani Supina

Mahasiswa

SDGs Goals 12 Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan

Diperbarui: 4 Juli 2024   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama dengan ibu kantin yang di wawancarain (dokpri)

19 Juni 2024 

Upaya mewujudkan kantin sehat sesuai dengan prinsip kONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERKELANJUTAN  di lingkungan Sekolah SMK TRI KARYA,JL.Pertanian No.1, KP.Lalang, Kec.Sunggal,Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan adalah dua konsep yang saling terkait yang sangat penting dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Konsumsi yang berkelanjutan mengacu kepada penjualan barang dan jasa hanya , dan dalam jumlah yang tidak merugikan lingkungan atau masyarakat. Dan dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali barang yang telah dihasilkan dari bahan-bahan penjualan, dan memilih produk yang ramah lingkungan. 

Di sisi lain, produksi yang berkelanjutan mengacu pada praktik menghasilkan barang dan jasa dengan cara yang tidak merugikan lingkungan atau masyarakat di lingkungan sekolah. Ini melibatkan menggunakan sumber daya yang dapat diperbaharui, mengurangi limbah yang di hasilkan, dan memastikan bahwa yang dijual dihasilkan dari bahan yang berkualitas. Dan bertanggung jawab atas kenyamanan konsumen.

Konsep ini saling terkait karena konsumsi yang berkelanjutan tidak mungkin terjadi tanpa produksi yang berkelanjutan. Jika barang dan jasa dihasilkan dengan cara yang merugikan lingkungan atau masyarakat lingkungan sekolah, maka tidak mungkin untuk mengkonsumsinya dengan cara yang berkelanjutan. Sebaliknya, jika barang dan jasa dihasilkan dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, maka lebih mungkin bahwa mereka dapat dikonsumsi dengan cara yang berkelanjutan.

*Topik yang diangkat

Topik yang kami ambil adalah tentang Komsumsi dan produksi yang berkelanjutan buat memenuhi komsumsi yang sehat dan berkembang agar meliputi sebagai berikut:

1.Mengurangi sampah dan polusi

 Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan melibatkan mengurangi jumlah sampah yang ada di kantin sekolah maupun dilingkungan sekolah yang menguntungkan buat mengurangi polusi di sekolah Menggunakan sumber daya yang dapat diperbaharui seperti energi atau angin, air, dan bahan-bahan lain nya Ini dapat membantu mengurangi dampak lingkungan.

2.Mendukung siswa yang adil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline