Lihat ke Halaman Asli

KKN 306 UMD UNEJ: Lomba Pembuatan Sambal untuk Ibu-Ibu PKK Desa Bumiharjo

Diperbarui: 14 Agustus 2024   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN UMD 306

**Banyuwangi, 13 Agustus 2024** - Kelompok KKN 306 UMD Universitas Jember (UNEJ) kembali berinovasi dengan mengadakan kegiatan lomba pembuatan sambal khusus bagi ibu-ibu PKK Desa Bumiharjo. Kegiatan yang diadakan di Pendopo Desa Bumiharjo ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas kuliner warga setempat, sekaligus menciptakan produk sambal khas yang bisa menjadi ikon desa.

Sosialisasi Lomba Pembuatan Sambal

Sebelum lomba dilaksanakan, tim KKN 306 UMD UNEJ mengadakan sosialisasi perlombaan di rumah salah satu anggota PKK Desa Bumiharjo. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh ibu-ibu PKK yang sangat bersemangat. Dalam sosialisasi tersebut, tim KKN memberikan pemaparan mengenai pentingnya pemasaran produk lokal, teknis pelaksanaan lomba, dan pembagian kelompok. Sebanyak lima kelompok dibentuk, dengan masing-masing kelompok siap berkompetisi. Acara sosialisasi ini juga diwarnai dengan sesi tanya jawab, yang semakin menambah antusiasme peserta.

Dokumentasi KKN UMD 306

Pelaksanaan Lomba Pembuatan Sambal

Lomba pembuatan sambal dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Agustus, pukul 14.00 WIB di Pendopo Desa Bumiharjo. Kegiatan dimulai dengan presensi dari masing-masing kelompok peserta, dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC. Kepala Desa Bumiharjo, Bapak Sutarji, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi lomba ini.

Lomba berlangsung selama 45 menit, dengan suasana yang penuh semangat dan keceriaan. Ibu-ibu PKK tampak antusias dalam menyiapkan sambal terbaik mereka. Setelah waktu memasak selesai, masing-masing kelompok maju untuk mempresentasikan hasil karya mereka di hadapan para juri.

Pengumuman Pemenang dan Penyerahan Hadiah

Setelah proses penjurian yang ketat, akhirnya kelompok 5 yang dipimpin oleh Bu Mariyam dinyatakan sebagai pemenang lomba. Sambal buatan mereka dianggap paling unggul dan akan dijadikan resep sambal khas Desa Bumiharjo. Sebagai pemenang, kelompok 5 mendapatkan hadiah door prize dari tim KKN 306 UMD UNEJ, sementara kelompok lainnya juga mendapatkan hadiah hiburan berupa botol tumbler.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline