Lihat ke Halaman Asli

Rani Nur Hidayah

Mahasiswa/Universitas Muhammadiyah Jember

Atasi Pencemaran, Tegalgede Alokasi Sungai Sebagai Area Pemancingan

Diperbarui: 8 Maret 2023   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Sebagai masalah global, setiap harinya sampah di Indonesia terus meningkat tak terkecuali di wilayah Tegalgede Sumbersari Jember. Kurangnya tempat pengelolahan sampah yang ada menyebabkan sampah di desa ini berserakan diberbagai tempat, termasuk sungai aliran DAM 3 di RT 01 RW 05. Mengatasi permasalahan pencemaran sungai tersebut, pihak kelurahan bersama aparat setempat mengalokasikan aliran sungai sepanjang RT menjadi tempat pemancingan ikan lele yang diselenggarakan setiap Sabtu malam. 

Launching pembukaan kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023. Tema yang diusung yakni "Ruang Tebuka Hijau (RTH) dan Mancing Shok-Shok Mania".  Pemancingan lele ini juga ditujukan sebagai sarana edukasi terhadap pentingnya kebersihan lingkungan dan bahaya pembuangan sampah sembarangan. Pada kesempatan yang berbeda, Bapak Abdul Kamil, S. Sos (lurah Tegalgede) berharap adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar melalui banyaknya pengunjung dan lahan yang dijadikan sebagai tempat parkir pengunjung.

Berkoordinasi dengan panitia penyelenggara, mahasiswa KKN 17 Unmuh Jember ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan dan menghias area dengan pernak-pernik cat, lampu warna-warni, juga payung diatas aliran sungai. Disamping itu, mahasiswa KKN mendukung harapan pak lurah dalam meningkatkan perekonomian dengan mengadakan bazar UMKM setempat. 20 tenda UMKM disiapkan untuk memeriahkan acara yang ditempatkan disekitar pemancingan dan halaman masjid Baiturrohman.   

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline