Lihat ke Halaman Asli

Rani Fitriana

Guru di SDIT Luqman Al Hakim Kudus

Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Mengurutkan Bilangan Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) pada Siswa Kelas 1

Diperbarui: 24 November 2023   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MENGURUTKAN BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)  PADA SISWA KELAS I SEMESTER I SDIT LUQMAN AL HAKIM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Oleh: Rani Fitriana

Permasalahan pada peneitian perbaikan pembelajaran ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada materi mengurutkan bilangan kelas I semester 1 SDIT Luqman Al Hakim tahun pelajaran 2020/2021?

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi panjang dan luas suatu benda kelas I semester 2 SDIT Luqman Al Hakim. Manfaat penelitian ini di antaranya: (1) bagi siswa yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengurutkan bilangan, (2) bagi guru yaitu sebagai acuan dan referensi dalam mengembangkan model pembelajaran, (3) bagi sekolah yaitu: memberikan kontribusi bagi terwujunya pembelajaran yang efektif dan pengetahuan yang berkembang, (4) bagi peneliti yaitu: memperoleh pengalaman dalam memilih model pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus  yaitu, pada siklus I tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) secara berkelompok untuk mengurutkan bilangan dengan menggunakan kartu bilangan. Pada siklus II tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) secara berkelompok untuk mengurutkan bilangan dengan menghitung benda di dalam kelas.

Hasil penelitian menunujukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada prasiklus, ketuntasan klasikal mencapai 55% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 7, lalu pada siklus I meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 83. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 89% dengan nilai rata-rata 95.

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) materi  mengurutkan bilangan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas I SDIT Lukman Al Hakim tahun pelajaran 2020/2021.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline