Lihat ke Halaman Asli

rania yulia zulaikhah

Mahasiswi IAIN Kediri

Perayaan Hari Kemerdekaan: Mahasiswa KKN 73 IAIN Kediri Mengadakan Perlombaan di Desa Jerukgulung

Diperbarui: 19 Agustus 2023   06:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Tim KKN Kelompok 73 IAIN Kediri

Kediri - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia selalu diadakan banyak sekali perlombaan dengan berbagai kreativitas masayarakat. Dengan diadakannya lomba  setiap Hari Kemerdekaan RI dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan menanamkan nilai moral pada anak, dari sisi moral yang ditanamkan pada anak antara lain untuk menerima kekalahan dengan lapang dada saat mengikuti lomba dan tidak membenci teman yang menang. Begitu pun bagi anak yang menang diajarkan tidak sombong dan tetap memberi semangat kepada teman yang kalah.

Maka dari itu, mahasiswa KKN kelompok 73 IAIN Kediri mengadakan perlombaan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia atau yang biasa disebut lomba 17 Agustusan. Kegiatan perlombaan diadakan dengan mengundang anak -- anak di Desa Jeruk Gulung, kegiatan dilaksanakan hari minggu, (13/8/23).

Rangkaian perlombaan dilaksanakan mulai dari pukul 08:00 sampai dengan pukul 13:00, dengan perlombaannya yaitu lomba makan kerupuk, cari karet dalam tepung, memasang topi pada ring, jembatan kardus, sentil tutup botol, memikul air . Anak -- anak yang berpartisipasi sangat bersemangat dan bahagia dengan diadakannya lomba tersebut.

Menurut panitia pelaksana lomba, tujuan diadakannya kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada anak -- anak sejak dini, selain itu juga untuk menumbuhkan rasa sportifitas dalam perlombaan.

Peserta lomba beranggapan tujuan dari lomba ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi anak-anak dari satu desa jeruk gulung dan dari kelas rendah sampai kelas tinggi. Dan penyemanggat dari peserta lomba adalah karena ada hadiah-hadiah yang menarik disetiap lomba yang Tim KKN 73 adakan.

Warga sekitar sangat mendukung dengan diadakannya perlombaan tersebut, kegiatan yang berjalan sangat meriah dan menarik perhatian dari warga untuk menyaksikan perlombaan. Harapan untuk kedepannya kegiatan perlombaan ini bisa terus dilaksanakan di Desa Jeruk Gulung meskipun tidak dilaksanakan dengan mahasiswa KKN, karena dengan perlombaan dalam pemeringatan hari kemerdekaan juga dapat mempererat rasa persaudaraan antar warga di lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline