Lihat ke Halaman Asli

Rania Cahyani

mahasiswa

Berbagi Cahaya Illahi: Program Sosial Pembagian Al-Qur'an Membuka Pintu Kebaikan

Diperbarui: 19 Januari 2024   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musholla Al-Ittihad (Archieved by Kelompok 28)

"Tebar Kebaikan Memberantas Buta Huruf Hijaiyah"

Dalam langkah peduli pendidikan dan spiritual, program "Tebar Kebaikan: Memberantas Buta Huruf Hijaiyah" menjadi suatu inisiatif yang luar biasa. Dengan tujuan untuk melawan buta huruf dalam pemahaman dasar huruf Hijaiyah, program ini menjadi jembatan menuju pengetahuan yang lebih mendalam tentang Al-Quran. Al-Quran merupakan mukjizat dengan pengaruh paling besar dalam kehidupan umat manusia yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, sebagai umat manusia yang berpedoman pada Al-Quran, kita berkewajiban untuk terus menebarkan pengetahuan mengenai Al-Quran melalui pencegahan buta huruf hijaiyah yang menjadi problematika terkini dalam lingkup masyarakat. Dengan demikian, program tebar kebaikan ini menjadi media utama untuk membangun generasi yang terdidik dan paham mengenai salah satu warisan Allah SWT.

Kelompok 28 KKM UIN Malang dalam program KKM 2023/2024 dengan penuh semangat dan dedikasi meluncurkan program pembagian Al-Quran dan Iqro', sebuah acara yang tak sekadar menjadi persembahan kitab suci, melainkan menjadi sebuah perjalanan bermakna dalam meresapi nilai-nilai ilahi dan kebersamaan. Dengan program ini mahasiswa mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama menjelajahi lembaran-lembaran suci Al-Quran. Setiap salinan Al-Quran yang disalurkan bukan hanya sebagai buku suci semata, tetapi sebagai cahaya yang menerangi lorong-lorong kehidupan setiap penerima.

Archieved by Kelompok 28

"Sesungguhnya di antara amalan dan kebaikan seorang mukmin yang akan menemuinya setelah kematiannya adalah: ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mushaf Al Quran yang diwariskannya..." (HR. Ibnu Majah & Baihaqi)"

Menebarkan kebaikan di bulan Rajab bertujuan untuk mencari keberkahan di bulan haram. Bulan Rajab menjadi ajang umat mukmin untuk berlomba mencari keberkahan dari Allah SWT karena segudang keutamaan yang terselip di dalamnya. Dengan mulia dan agungnya bulan ini, umat mukmin diharapkan mampu mengambil kemuliaan tersebut. Maka dari itu, Kelompok 28 mengadakan program penyerahan wakaf dengan tema "Tebar Kebaikan Memberantas Buta Huruf Hijaiyah". Penyerahan Wakaf telah dilaksanakan di beberapa titik lokasi di Desa Kemiri, Dusun Tengo Rejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Adapun titik lokasi yang dimaksud ialah Musholla Baiturrahman, Musholla Al-Ittihad, Madrasah Diniyah, Masjid At-Tawassul, Musholla Al-Ikhlas.

Semoga dengan adanya program ini dapat membuka segala pintu keberkahan para penerima manfaatnya, sekaligus mampu mencetak generasi-generasi pecinta dan penyayang Al-Qur'an. Kemudian untuk para wakif semoga senantiasa ganjaran yang berlipat ganda dari Tuhan Yang Maha Esa.

Musholla Baiturrahman (Archieved by Kelompok 28)

For more information, Please kindly check our Instagram!

Instagram Kelompok 28: @sahityaharsa.kkm28




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline