Lihat ke Halaman Asli

Rania Raihana

Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Bagaimana Mengukur Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini?

Diperbarui: 14 Desember 2022   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hello Everyone!

Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini adalah bagaimana seorang anak mulai untuk memahi bagaimana, apa yang dirasakan, dan apa yang ia harapkan pada saat ia berinteraksi dengan orang lain. Hal ini yakni pengembangan pada anak baik dari berperilaku positif untuk berhubungan, mengelola, pengalaman, dan bagaimana mengeksperesikan  dengan emosinya.

Kemudian, apa sih gunannya perkembangan sosial emosional pada anak usia dini?

Yakni, yang pertama untuk kita memastikan anak usia  dini tepat berkembang dengan sesuai tahapan usianya, yang dimaksud contohnya anak usia dini sesuai dengan pola pikirnya pada umurnya dengan bergaul sesuai dengan umurnya. Kadang jika anak berada pada lingkungan yang kurang tepat, misalnya bergaul dengan anak yang sudah besar maka anak akan mudah meniru dan mencontoh apa yang diucapkan dan dilakukan pada anak yang sudah besar.

Yang kedua, untuk kita mengetahui apa sih gejala yang anak rasakan tidak seuai perkembangannya, bisa dengan contoh yang disebutkan diatas. Ysng ketiga, untuk memberitahu tentang perencanaan dan bagaimana mengambil keputusan dengan baik dan tepat. Dan yang terakhir,  untuk menilai seberapa kualitas dan apa dampak layanan dalam pendidikan anak tersebut.

Pembelajaran Sosial Emosional bisa dilakukan dengan:

  • Self Awareness

Pada hal ini mencakup untuk bagaimana mengetahui anak tentang merasakan, dan berpikir secara mandiri.

  • Self Management

Pada hal ini anak diajarkan untuk bagaimana anak mampu untuk mengendalikan dirinya.

  • Social Awareness

Pada hal  ini anak bisa merasakan dan menyadari suasana yang terjadi padanya.

  • Relationship Skill

Pada hal ini anak bisa untuk membangun dan menjalin hubungan untuk orang yang disekitarnya (orang luar rumah).

  • Responsible Decision Making

Pada hal ini anak mampu untuk mengambil keputusan apa yang ia ambil dengan rasa tanggungjawab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline