Lihat ke Halaman Asli

Dampak Perang Rusia - Ukraina terhadap Ekonomi Indonesia

Diperbarui: 9 Desember 2023   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dampak Perang Rusia-Ukraina terhadap Ekonomi Indonesia

Perang Rusia-Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022 telah berdampak signifikan terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia. Dampak perang tersebut dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Dampak langsung

Dampak langsung perang Rusia-Ukraina terhadap ekonomi Indonesia dapat dilihat dari kenaikan harga komoditas global, seperti minyak, gas, gandum, dan pupuk. Kenaikan harga komoditas tersebut telah mendorong inflasi di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Indonesia pada bulan Juni 2023 mencapai 4,35% year-on-year (yoy). Angka ini merupakan yang tertinggi dalam 5 tahun terakhir.

Kenaikan harga komoditas juga berdampak pada sektor industri dan pertanian. Sektor industri mengalami kenaikan biaya produksi, sehingga menyebabkan penurunan profitabilitas. Sektor pertanian juga mengalami penurunan produktivitas, karena pasokan bahan baku impor menjadi lebih mahal.

Dampak tidak langsung

Dampak tidak langsung perang Rusia-Ukraina terhadap ekonomi Indonesia dapat dilihat dari gangguan rantai pasok global. Gangguan rantai pasok tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sanksi ekonomi terhadap Rusia, penutupan pelabuhan di Ukraina, dan peningkatan biaya logistik.

Gangguan rantai pasok global telah menyebabkan kelangkaan barang dan kenaikan harga barang. Hal ini telah berdampak pada daya beli masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Potensi dampak jangka panjang

Potensi dampak jangka panjang perang Rusia-Ukraina terhadap ekonomi Indonesia masih belum dapat dipastikan. Namun, perang tersebut dapat menyebabkan terjadinya resesi global, yang akan berdampak pada penurunan permintaan ekspor Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline